Fitur Unggulan di Ubuntu 12.04 Precise Pangolin

Akhir bulan kemarin (April 2012) Tim Ubuntu secara resmi kembali merilis Distro Linuxnya. Hadir dengan versi Long Term Support dengan codename Precise Pangolin, Ubuntu 12.04 siap memanjakan pengguna setianya. User siap disupport penuh selama 5 tahun penuh untuk versi desktop, server dan cloud. Seperti yang sudah saya prediksikan sebelumnya di postingan di sini, inilah beberapa fitur baru dari Ubuntu Precise Pangolin itu :

1. Desktop Interface

Unity Dash
Pada Ubuntu LTS ini, Unity Dash akan menampilkan recent apps terlebih dahulu, kemudian recent files dan baru kemudian recent downloads. Hal ini menjadikan fitur Unity Dash menjadi lebih efektif.

Sexy Session
Login/Logout session yang terdapat pada Ubuntu 12.04 ini terlihat lebih menarik, simpel, ringan dan cepat performanya. Dalam Login session kita dapat memberikan tampilan seperti halnya wallpaper desktop kita.

Chameleon Colors
Terdapat fitur yang menarik pada tampilan desktop Ubuntu 12.04 ini, yaitu tampilan background Ubuntu Dash dan background notification dapat menyesuaikan dengan warna dominan wallpaper yang kita gunakan.

Quick List
Fitur Quick List mengalami update. Sekarang tugas pencarian kita pada launcher menjadi lebih cepat. Klik kanan pada icon yang terdapat pada launcher, kita akan mendapati menu-menu yang memudahkan kita untuk membuka atau mengatur aplikasi tersebut. Selain Dash Quiklist juga terdapat folder home. Dash Quiclist tersebut meliputi Applications,Files and Folders, Music, Dash Home, and Videos. Sedangkan Quick List pada Folder Home ketika diklik kanan meliputi Documents, Open in New Window, Home Folder, Downloads, Unlock from Launcher, Music and Videos.

HUD
Terdapat cara baru lebih cepat dalam hal pencarian file dan mengakses menu aplikasi, fitur ini dinamakan “HUD” (Heads-Up Display). Suatu fitur baru dalam menampilkan sebuah menu aplikasi melalui search. Dengan menekan tombol Alt dan kita mulai mengetik apa yang kita cari maka otomatis akan muncul saran/suggestion menu apa yang kita cari, kita tinggal pilih dari dropdown yang ditampilkan. Fitur HUD ini juga dapat digunakan untuk membuka file secara cepat dan akurat.

Video Lens
Fitur baru pada Unity dash yang menarik di Ubuntu 12.04 ini adalah Video Lens. Yaitu fitur yang memungkinkan kita untuk mencari file video dengan cepat. Tidak hanya video yang terdapat pada local komputer kita, tapi juga video yang terdapat pada layanan video sharing online seperti Youtube, Vimeo, Bing Video dan BBC iPlayer.

2. Privacy Control

Sebenarnya terdapat celah pada kehadiran Dash dan HUD pada Ubuntu, yaitu Zeitgiest EngineZeitgiest Engine adalah suatu engine yang dapat mencatat hampir setiap tindakan yang user lakukan dalam desktop. Para developer menjadi khawatir kalau engine ini dimanfaatkan hacker untuk memata-matai user Ubuntu. Untuk itu pada Ubuntu 12.04 ini terdapat fitur privacy manager untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan adanya fitur ini pengguna bebas mengontrol semua log aktivitas semua aplikasi, sehingga kita aman dalam ber-Ubuntu.

3. Applications

  • Musik Player kembali menggunakan Rhythmbox setelah pada Ubuntu sebelumnya menggunakan Banshee.
  • Aplikasi Tomboy Note dihilangkan.
  • Upgrade Libreoffice ke versi 3.5.2
  • Terdapat aplikasi Remmina yaitu aplikasi remote desktop.
  • Gnome update ke versi 3.4.1, salah satu fitur yang menonjol adalah pada menu Nautillus mendukung perintah Undo.

4. Support for Track pads
Pengguna Ubuntu yang memiliki device trackpad sendiri, misalnya pada Apple Macbook, sekarang Ubuntu versi terbaru ini bisa mendukung device tersebut.

5. Multi Monitor Support
Ubuntu 12.04 Precise Pangolin terdapat menu pengaturan yang bisa mendukung multi monitor.

Demikian ulasan singkat Fitur Unggulan di Ubuntu 12.04 Precise Pangolin ini, untuk lebih jelasnya, silahkan menyimak video di bawah ini.

Incoming search terms:

  • ubuntu 12 04
  • belajar ubuntu 12 04
  • tutorial ubuntu 12 04
  • belajar ubuntu
  • aplikasi ubuntu 12 04
  • fitur ubuntu 12 04
  • fitur ubuntu
  • tampilan ubuntu 12 04
  • aplikasi untuk ubuntu 12 04
  • ubuntu 12 04 tutorial

Comment(s) for “Fitur Unggulan di Ubuntu 12.04 Precise Pangolin”

  1. Banshee tak istall lagi, terlanjur suka :D

  2. ael

    apik, ning tambah abot rasane

    • dafhy

      hihi iya mas. tapi kalau spec komputer mendukung tetep stabil (worship)

  3. masih belum pernah pake ubuntu mas :D

  4. Kayaknya asyik nih mas..

  5. jamaludin

    izin share sumber aku cantumin ko

  6. makin keren nich ubuntu, aku belum update hehe :)

  7. makin manteb ajah ni ubuntu

  8. ubuntu makin jos saja nih. semoga bug2 yg sering bikin crash sudah tereliminasi, hehe … go open source!

  9. wew… suka.. tp ane pakek yang lain :D

  10. udah update lagi ya, saya masih kurang nyaman dengan interface baru ini… suka yang lama….

  11. waah udah baru lagi ya . aku belum apdet . (malahan aku lupa aku pakek ubuntu apa) :D

  12. Banyak banget fitur unggulannya ya..
    Tapii saya sendiri bukan pengguna ubuntu sih. :)

  13. teddy

    mas klo misal nya mau install aplikasi
    ga perlu pake file” mentah gt ya install nya ??

  14. […] walaupun membahas persoalannya yang terkadang agak rumit. Misalnya waktu dia menulis masalah Fitur Unggulan di Ubuntu 12.04. sebagai pengguna Windows, saya merasa Ubuntu agak membingungkan. Tapi dari tulisan pria bernama […]

Leave a Reply