Pengajar Muda, Sarana Mengabdi Kepada Negara

Pengajar Muda adalah generasi muda terbaik bangsa yang direkrut, dilatih dan dikirimkan oleh Indonesia Mengajar untuk mengabdi di masyarakat sebagai guru di daerah terpencil selama 1 (satu) tahun.

Kalimat di atas adalah penggalan keterangan apa itu Pengajar Muda dari website Pengajar Muda di indonesiamengajar.org. Yup, Pengajar Muda adalah sebuah gerakan untuk mengabdi kepada ibu pertiwi melalui dunia pendidikan yang tepatnya mengajar sekolah di berbagai pelosok di negeri ini.

Saya sangat tertarik ketika melihat informasi ini melalui twitter pada awal berdiri. Namun karena hambatan belum selesainya study, maka saya memendam hasrat ini sampai akhir tahun 2011. Di akhir tahun itu, saya mendapatkan kabar bahwa PM angkatan IV telah dibuka pendaftarannya. Dengan hati berdebar-debar, saya mengisikan satu persatu form di pendaftaran melalui website mereka.

Perlu diketahui bahwa untuk menjadi kandidat Pengajar Muda, syarat utamanya adalah Warga Negara Indonesia, belum menikah dan sehat secara fisik dan mental serta bersedia ditempatkan di daerah terpencil selama satu tahun. Diutamakan fresh graduate atau kurang lebih 2 tahun setelah lulus dari berbagai disiplin ilmu, usia diutamakan di bawah 25 tahun dan memiliki IPK atau nilai akademis yang baik.

Lalu apa sih yang dilakukan ketika menjadi Pengajar Muda? berikut ini saya kutipkan dari website indonesia mengajar:

Selain diharapkan akan membantu mengisi kekurangan guru berkualitas di daerah yang membutuhkan, Pengajar Muda akan belajar kepemimpinan di daerah penempatannya agar mereka memiliki kompetensi kelas dunia sekaligus pemahaman yang utuh terhadap masyarakat akar rumput.

Di daerah penempatannya, dengan berbagai pengalamannya, diharapkan para PM dapat membagi inspirasi kepada siswa-siswinya dan menjadi jendela kemajuan kepada generasi harapan bangsa Indonesia yang selama ini jauh dari pusat-pusat pertumbuhan negeri ini. Di sana, mereka akan memiliki saudara-saudara baru. Persaudaraan itu akan semakin merajut tenun kebangsaan Indonesia.

Nah bagi pembaca yang belum mencukupi syaratnya atau sudah melewati batas maksimal kelulusan dan usia, apakah tetap bisa berkontribusi di Pengajar Muda ini? Bisa. Di sini kita diberi pilihan untuk menjadi Pengajar MudaDukung melalui buku: Menyalakan Indonesia atau Dukung sebagai Mitra.

Kembali ke saya, di Pengajar Muda angkatan ke IV saya gagal masuk menjadi salah satu putra bangsa yang mengemban amanah mulia ini. Namun saya tak patah semangat dan akan terus mencoba sampai batas maksimal umur dan tahun lulus saya habis. Dan pada tanggal 10 April – 15 Mei 2012 ini, Pengajar Muda angkatan ke V telah dibuka. Masih ada 5 hari lagi untuk mendaftar bagi yang belum mendaftar di program ini.

Harapan saya pasti bisa diterima sebagai Pengajar Muda angkatan ke V ini. Pengajar Muda bagi saya adalah sarara mengabdi dan berbakit kepada negara tercinta. Namun, jika kemampuan yang saya miliki dianggap belum mencukupi sebagai Pengajar Muda oleh tim  Juri, maka saya akan terus mengabdikan diri di dunia pendidikan dengan tetap mengajar di sekolah tempat saya bekerja saat ini.

Kehadiran seorang Pengajar Muda di desa-desa terpencil itu,

memberikan harapan, mendekatkan jarak anak-anak dengan pusat kemajuan.

Kehadiran mereka, membuat anak-anak SD di pelosok negeri memiliki mimpi.

“Jangan bertanya apa yang sudah negara berikan kepadamu, namun bertanyalah apa yang sudah kau berikan kepada negaramu”

Comment(s) for “Pengajar Muda, Sarana Mengabdi Kepada Negara”

  1. saya mau ndaftar belum memenuhi syarat mas :D sepertinya asyik.. tapi tanangannya berat kalau harus ditugaskan di daerah pelosok :D

    • dafhy

      @Riffrizz, tantangan itu mas yang asyik. bisa mengenal lebih dalam kekayaan alam Indonesia :-)

  2. ada dua temenku yg udah keterima jadi PM, sering curhat yg asik2 di fb-nya, semoga dafhy menyusul ya :) klo aku mah udh jelas ga memenuhi syarat ;))

    • dafhy

      @phiy, Amiiiiiin. semoga keterima ki angkatan V ini phiy. Pastinya kamu g memenuhi syarat (lmao)

  3. pengin gabung, tapi syaratnya harus mahasiswa atau lulus jadi mahasiswa :)

  4. saya juga masih punya keinginan gabung IM

  5. support dengan doa saja deh hehe, gak kebayang klo saya, gak kuat euy rasanya.

  6. “Jangan bertanya apa yang sudah negara berikan kepadamu, namun bertanyalah apa yang sudah kau berikan kepada negaramu”
    #TOP

  7. Gerakan Indonesia Mengajar ini memang solutif, di saat pemerintah mandeg para pengajar muda meneroboa pelosok negeri untuk terus belajar dan mengajar..

  8. Pas tahu pertama kali tentang Indonesia Mengajar ini saya langsung tertarik. Sayangnya umurnya sudah lewat. :)

  9. Ligar

    mau daftar, tp sudah d tutup ya mas,,,
    saudaraku,,lulus,,,dia d tugaskan d Aceh Timur,,,
    mdh2an gelombang selanjutnya saya bs ikut,,,

  10. arvila tiffani

    saya pengen ikut…
    gmana cara daftar nya??
    trus kapan mesti daftar nya???

    • dafhy

      silahkan buka di website resminya kak indonesiamengajar.org (worship)

  11. maya sanu

    saya sangat berminat, tapi saya hanya lulusan SMA, apa masih ada kesempatan?

  12. fadiasari

    sekarang masih ada atau ngak, tapi sayangnya umur saya masih 13. tapi sya sangat berkeinginan menjadi seperti itu seperti mereka :)

    • dafhy

      kak Fadiasari, masih ada kok dan masih terus ada. Untuk info lebih jelasnya bisa langsung mengunjungi website mereka. Tapi sayangnya ada persyaratan khusus. Jadi kalau umurnya masih 13 tahun, persiapkan dahulu bekalnya dan bersiaplah untuk menjadi the next pengajar muda yang mengabdikan diri di pesolok desa di Indonesia (worship)

  13. nana

    Saya ingin sekali, tapi usia dan pendidikan saya gak memenuhi syarat,
    apa ada jalan lain untuk ikut ?

Leave a Reply