Trik Memotret Kembang Api dengan Kamera Handphone

Pesta kembang api pastinya sangat mengasyikkan. Gemerlap cahaya yang keluar dari letusan kembang api sangatlah menawan. Berbagai warna menyatu di sana. Momen yang indah ini, tak jarang kita abadikan dalam sebuah gambar, baik melalui kamera DSLR, kamera digital maupun kamera handphone/smartphone. Hasil dari jepretan kamera ini pasti akan memberikan kepuasan kepada kita.

Namun bagi yang mengabadikan pesta kembang api menggunakan kamera handphone/smartphone, pasti sering kecewa karena hasil yang sering tidak memuaskan. Karena mengambil foto bukan sebagai fungsi utama sebuah smartphone, tentu saja ada beberapa kelemahan ketika alat komunikasi itu diajak untuk menjepret gambar. Khususnya di saat menangkap momen-momen tertentu, seperti memotret kembang api. Pasalnya, keterbatasan kamera di smartphone, tidak bisa meringkus objek dengan pencahayaan yang kurang.

Namun meski hasilnya tak seperti kamera digital, smartphone bisa saja dimaksimalkan untuk memotret momentum yang pencahayaannya kurang. Selain setingan, insting mengambil foto, dan bantuan aplikasi pihak ketiga juga menjadi faktor penentu agar gambar yang dihasilkan tak kalah dengan kamera digital.

Berikut tips-trik bagaimana memotret objek kembang api untuk smartphone dengan OS Android:

  1. Fitur stabilizer. Bila ada, silakan nyalakan.
  2. Fitur ISO. Bila tersedia, ubah secara manual ke ISO 400 untuk hasil yang terbaik.
  3. Jelasnya, pastikan bahwa kamera smartphone Anda diatur dengan resolusi setinggi mungkin. Imbasnya, siapkan memori yang luas, karena biasanya menghasilkan file besar pula.
  4. Anda bisa juga mencoba aplikasi Camera Night yang bisa diunduh gratis, atau bayar USD 3 untuk versi Pro-nya. Berikut screenshot settingnya:
  5. Gunakanlah tripod. Saat ini sudah banyak tripod yang khusus dibuat untuk smartphone agar posisi mengambil foto bisa terus stabil. Jadi bisa juga memanfaatkan alat bantu tersebut sehingga gambar tidak buram karena gerakan kita.

Semoga bisa membantu :-)

Nb: Postingan ini dirangkum dari “Kiat Memotret Kembang Api via Ponsel” via detik.com

Incoming search terms:

  • belajar fotografi dengan kamera hp
  • fotografi dengan kamera hp
  • membuat tripod sederhana untuk hp

Related Posts

Comment(s) for “Trik Memotret Kembang Api dengan Kamera Handphone”

  1. Bukan soal kameranya handphone, poket, DSLR, atau tipe lainnya. Yang penting, apakah kamera itu punya fasilitas untuk mengatur secara manual sebanyak mungkin.
    Untuk memotret kembang api, seandainya minim fungsi pengaturan manual, kiranya yg terpenting adalah dapat dijaga kestabilannya.
    Salam.

  2. hmm bole jg ni dicoba. Dulu aku pernah poto kembang api, tp pake camdi pocket biasa.

  3. Waini… secara bocahe Google kudu nyobak iki

  4. […] bisa juga memanfaatkan alat bantu tersebut sehingga gambar tidak buram karena gerakan kita.Sumber | dafhy.net, Pencarian […]

  5. duh hapeku ra iso dinggo motoh (–“)

  6. tips buat ngerayain tahun baru nih, tp masih beberapa bulan lagi

  7. Nice tips, iya klo handphone yang terpenting punya settingan manual yang memadai…atau coba cari aplikasi yang memang diperuntukkan untuk night shoot, karena biasanya udah diseusaikan…

Leave a Reply