Ingin Membeli Smartphone Android? ini Tipsnya

Android– Siapa sih yang tidak kenal dengan OS smartphone berlogo robot hijau ini? Setelah Apple dan juga Blackberry  pilihan smartphone adalah yang ber OS android . Ada kelebihan dan kekurangan dari berbagai produk smarphone di pasaran.

Memilih smartphone android sama halnya memilih sebuah komputer. Selain tampilan yang menarik, pastinya performa dari smartphone itu menjadi pertimbangan kita dalam memilih produk. Performa ini dipengaruhi oleh hardware  yang tersemat di dalam smartphone ini.

Nah bagi anda yang sudah memantabkan hati ingin membeli smarphone berOS android maka perhatikan tips-tips memilih ponsel android di bawah ini:

Prosesor

Prosesor adalah dan pengendali jalannya sebuah sistem yang didukung oleh komponen lainnya. Besaran kapasitas yang berada di prosesor sangat mempengaruhi kinerja pada sistem sebuah smartphone. Smartphone android yang beredar saat ini rata-rata dibekali dengan kapasitas prosesor 523 MHz, 600 MHz, 800 Mhz, 1 GHz, 1.2 GHz, 1.5GHz, Dual Core, dan lainnya. Semakin besar Semakin besar kapasitas prosesor, maka akan semakin cepat pula kinerja sebuah ponsel android. Contoh jenis prosesor adalah MTK, Cortex, Allwiner, dan lain sebagainya.

RAM

RAM = Random Access Memory menentukan berapa banyaknya program yang dapat dijalankan dalam waktu yang bersamaan.  Kapasitas RAM yang terdapat dalam ponsel android bermacam-macam. Seperti 256 MB, 512 MB, 1GB.

Ukuran Layar

Hampir semua layar pada ponsel android menggunakan jenis touchscreen. Besarnya layar yang ada saat ini adalah 28″, 3.2″, 3.5″, 2.75″, 4″, 7″ 8.4″, 9.7″ dan yang terbesar 10.1″. Semakin lebar layar, maka akan semakin lega dan mudah ketika kita menggunakannya. Namun besarnya layar ini sangat mempengaruhi performa dari ponsel pintar tersebut. Jadi pastikan prosesornya juga besar ketika melilih ponsel dengan layar yang besar. Selain itu resolusi layar juga sangat mempengaruhi kenyamanan kita ketika melihatnya.

Warna dan Resolusi Layar

Ketajaman layar sangat dipengaruhi oleh warna dan resolusi layar. Ponsel Android memiliki resolusi dan warna layar yang bermacam-macam, mulai dari 320×240 pixel, 480×320 pixel, 800×480 pixel, 1024×600 pixel dan lainnya serta warna 65ribu, 262 ribu, 16 juta warna. Semakin besar resolusi dan warna, akan semakin membuat kita puas ketika melihatnya dan tidak membuat mata sakit.

Jenis Layar

Selain ukuran layar dan resolusi layar, jenis layar juga menentukan kejernihan tampilan layar. Layar yang sering digunakan di posel android adalah jenis layar LCD, TFT, ataupun IPS seperti pada layar produk keluaran Apple (Ipad).

 Baterai

Ketika anda memilih smartphone sudah pasti anda bisa merasakan kenyamanan dalam hal berinternet ria maupun untuk main game. Namun konsekuensinya  adalah baterai yang lumayan boros. Hal ini dipengaruhi oleh berapa banyak aplikasi yang berjalan di ponsel pintar kita. Jadi pilihlah kapasitas baterai yang besar. Baterai yang sering digunakan di ponsel android adalah 1300 mAh, 1500 mAh dan lain sebagainya.

Interal Memory

Internal memory pada android digunakan untuk menyimpan data. Mulai dari phonebook, SMS, sampai program-program maupun game yang kita install di ponsel kita. Dengan memory yang besar, maka akan semakin ringan ponsel kita ketika digunakan.

Konektifitas

Konektifitas yang ada di ponsel tidak bisa kita remehkan, karena konektifitas ini dapat menghubungkan kita dengan PC, ponsel android lain dan tentunya internet. Konektifitas untuk menghubungkan ponsel kita dengan perangkat lain adalah port USB, Bluetooth, Wi-fi, dan Konektifitas data yang menghubungkan ponsel android kita dengan internet yaitu GPRS / EDGE / 3G / HSDPA. Ponsel android dengan konektifitas data 3G (3G / HSDPA) memiliki nilai lebih daripada ponsel android dengan hanya memiliki konektifitas data 2G (GPRS / EDGE) karenaakan mempengaruhi kecepatan akses data di dunia maya.

Selain hal-hal di atas, ada satu fitur lain yang juga perlu kita perhatikan:

Kamera

Smartphone saat ini bukan hanya alat untuk berkomunikasi maupun berinternet ria, namun dengan kemampuannya mumpuni, saat ini smartphone digunakan juga sebagai alat pengganti kamera digital bahkan kamera DSLR. Kamera yang beredar di ponsel android adalah   dengan resolusi 2 Megapixel, 3.2 Megapixel, 5 Megapixel, 8 Megapixel dan yang terbaru ada 12 Megapixel. Fitur pendukung seperti Auto focus  dan juga tersedianya Flash juga mempengaruhi kualitas gambar yang diambil dari ponsel kita.

Semoga postingan ini membantu (worship)

NB: Gambar diambil dari sini

Incoming search terms:

  • android
  • gambar android
  • tips memilih hp android
  • tips membeli hp android
  • cara memilih HP Android
  • tips memilih android
  • tips membeli android
  • tips memilih ponsel android
  • memilih hp android
  • tips beli hp android

Related Posts

Comment(s) for “Ingin Membeli Smartphone Android? ini Tipsnya”

  1. sek nglumpukne dhuwit nggo tuku android aku mas :D

  2. Info yang menarik mas . Bagi seorang yang memiliki hobby modding/suka ngoprek, semua faktor tadi perlu dan sangat disarankan untuk dipertimbangkan supaya hobby nya tadi tidak terhalang oleh specs .
    Memang kamera android tidak boleh dianggap remeh :D ditambah lagi aplikasi-aplikasi kameranya . #menakjubkan

  3. kalau tentang harga dan merk gimana mas hehehe…

  4. sangat membantu, sementara diingat2 dulu mas, sambil nabung biar cepet kebeli hehehe

  5. pengen banget hape ngandroid, tp ga punya cicisnya #heuheuheu

  6. dulu, pas beli belum terlalu memperhatikan specs, sekarang jadi nyesel :D

  7. kepengen baged seh, cuma rupiahnya blum mencukupi he.
    salam knal by didah admin dari blog http://www.tempatwisatadijawabarat.com/

  8. mantep tips nya mas,,
    dari dulu pngin beli semartphone android tapi belum juga kesampaean,,,

  9. aku durung nduwe robot ijo. Butuh dikirimi mas. =))

  10. sip, bisa jadi pertimbangan kalau nanti membeli semaret pon android lagi

  11. Nice to visit here…thanks for visiting my blog mas….

  12. wah perlu ditambahkan mas, ada ato tidaknya fitur NFC, accelerometer, giroscope, dll.. penting juga soalnya :)

  13. hmm..kayak spek komputer aja ya..
    nabung sek wae sopo ngerti besok kepingin

  14. kalau samsung galaxy SIII… gmna apa ya sudah termasuk yang berkinerja cepat ya mas???

    • dafhy

      @0blong, untuk saat ini SIII adalah andalan dari keluarga Samsung Galaxy mas. Fiturnya sangat mumpuni dan dikabarkan sebagai ponsel android terbaik. Tapi ada harga ada rupa, jadi jangan heran kalau harganya sama dengan sebuah laptop (worship)

  15. di antara produk2 menpunyai kelebihan masing2..android emang bagus buat data..

  16. Bagus nih buat referensi yg sedang cari Smartphone Android. Kalau saya entar2 deh :D

  17. Entah kenapa kalau aku lihatnya sih pertama dari layarnya, kalau udah mantep buat ngetak-ngetik di Android ya berarti layak. :)

  18. Aduh, jadi gak enak nih mau komen. Soalnya HP saya masih HP Jadul. :D

  19. kalo saya yg penting android yg paling murah dan dari produsen yg handal aja deh :D

    • dafhy

      @Triunt, Setuju. Yang penting sesuai dengan kebutuhan mas. Selamat atas hadiah MacBook Air Pro nya mas (worship)

  20. test fitur baru

  21. aku termasuk yang males liat detil begituan, biasanya tanya yg lebih ngerti sih trus bandingin 2 atau 3 produk gitu aja :D

  22. asant

    Nanya mas, apa bedanya Galaxy Y CDMA sama GSM, saya nginstall game…Were is my water….kok beda hasilnya. Duaduanya jalan tapi di CDMA keliatan airnya, klo di GSM tidak kliatan.

  23. raja ponsel

    Tips yg sangat sederhana sekali karna aq pengguna android 4 jadi aq sangat mengetahui tentang spesifikasi terbaik untuk Smartphone android.

  24. owh ga denger lanjutannya
    kan dapet tambahan duit dari ortu :)

  25. […] ‘daleman’ Android dibahas olehnya seperti yang ditulis pada Secret Code Samsung Galaxy, Tips Membeli Smartphone Android, sampai tips Membuka Ponsel Android yang […]

  26. Muh. Amin

    sangat bermanfaat Mas Dafhy, nanti kalau saya sdh ada dana dan mau beli insya Alloh konsultasi lagi….OK ?

  27. anno

    smartphone merek nokia yg bagus kira2 tipe brp’a mas

  28. Alvyn

    Kalo merk mempengaruhi kga min?
    Mau beli Sony Xperia Tipo tapi specknya bgusan IMO.
    gmana min, saran?

    • dafhy

      @Alvyn, saran saya pilih yang specknya lebih tinggi mas. Kalau bagusan IMO ya beli IMO saja, tapi tergantung selera juga, ikuti kata hati (worship)

  29. harga juga ngaruh banget gan. tapi yang pasti sih kebutuhannya dulu kita mau ngapain sama androidnya itu

Leave a Reply