New Kaskus – Keamanan Makin ditingkatkan

Kaskus, Siapa sih yang belum tahu tentang forum terkenal ini? saya rasa hampir semua tahu. Sebuah forum yang didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Pada mulanya kaskus ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah mereka. Pada mulanya Kaskus dibuat bertujuan untuk mengobati kerinduan mahasiswa Indonesia di luar negeri akan Indonesia melalui berita-berita Indonesia yang diterjemahkan.

Pada dasarnya kaskus terbagi menjadi dua jenis forum yaitu Forum & Forum Jual Beli (FJB). Forum adalah tempat untuk mendiskusikan segala hal. FJB adalah tempat untuk bertransaksi jual beli segala macam produk.

Sebagai Forum Jual Beli Online yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat Indonesia, tentunya menarik minat yang sangat besar untuk mencari berbagai barang yang dibutuhkan. Mulai dari gadget, kamera, dan masih banyak barang yang lainnya. Keamanan dan kehati-hatian mutlak kita perhatikan ketika akan bertransaksi dengan penjual. Mulai dari melihat reputasi, sampai menggunakan jasa RekBer harus kita lakukan demi menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Banyak berita yang kita dengar tentang penipuan dalam jual beli secara online, dan sering pula kita dengar bagaimana penjual yang menipu menjadi bulan-bulanan di forum kaskus. Kaskus sebagai tempat jual beli dan juga kaskuser yang baik hati sebenarnya sudah mengusahakan sistem keamanan yang menjamin pembeli maupun penjual dari penipuan, namun selalu saja ada penjual yang berbuat curang/menipu.

Melihat ini, kaskus versi beta yang sekarang beralamatkan di kaskus.co.id membuat kebijakan baru. Hal ini bisa kita lihat ketika kita masuk ke halaman kaskus, maka kita akan digiring menuju edit profil. Nah dari sini, kita diwajibkan mengisi data dengan benar baik dari nama, alamat sampai nomor kartu tanda penduduk. Langkah ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi para FJBer ketika bertransaksi.

Namun yang pasti harus selalu diperhatikan adalah kita harus selalu waspada, perhatikan reputasi penjual dan jangan mudah tergiur dengan barang yang harganya sangat murah/jauh dari harga normal. Waspadal waspadalah (worship)

Berikut screenshot profil saya di kaskus: (perhatikan form paling bawah, kita harus mengisi nomor kartu tanda penduduk. Kalau tidak diisi maka profil tidak mau disimpan)

Comment(s) for “New Kaskus – Keamanan Makin ditingkatkan”

  1. wah mantab, ini adalah upaya untuk melindungi pelanggan. tapi tetap aja kalo mau curang ya tetap bisa..

  2. kalo dah eksis disitu, lama2 dah kayak juragan (haha) coba aja ditambahin verified member untuk seller fjb (okok)

    • dafhy

      @Blog nova13, Iya nih usulnya keren mas. kaya di forum adsense-id.com jadi admin bisa melacak penjual kalau ada kecurangan.

  3. Bener bgt mas, kita hrus selalu waspada jika brtransaksi online apalagi di kaskus yg blm ada yg menjamin kejujurany kcuali reputasi n rekomendasi dr kaskuser lain

  4. apakah nomer katepe ini difalidasi ke dinas penddikan? atau harus ada buktiscan katepe?

    • dafhy

      @alief, ehm masih diisi saja sih mas. Semoga perbaikan ke depan harus ada scan KTP dan juga ditambah verified member (worship)

  5. lama ga buka akun kaskus..
    tampilan sudah berubah total mas?
    iya seh walaupun keamanan meningkat tetap ada celah untuk berbuat kecurangan, memang harus berhati-hati mas

    • dafhy

      @annosmile, pastinya ada mas. Maling kan punya 1000 cara :-)

    • @dafhy, betul, akun kaskus saya dulu pernah dibajak, lalu bikin tret penipuan. sudah saya complain kan ke moderator dan tret pengaduan, tetapi lama ga ada kabar kejelasan. jadi, sekarang dah jarang login kaskus. cuma sesekali liat2 tret aja :)

    • dafhy

      @arif, nah itu mas kelemahan yang harus segera dibenerin. moderator harus bisa memberikan solusi jika ingin forumnya tetap ramai :-)

  6. mantab nih pak.
    selain keamanan, tampilan kaskus beta juga lebih bagus dilihat.

    salam.

  7. weits..makin keren ya, sy suka buka-buka kaskus, pernah beli juga lewat kaskus, tp belum punya akunnya..

  8. Saya nggak punya pengalaman maen di Kaskus, baik yg lama maupun yang sudah baru ini, Mas. :)

  9. bagi cendol dong gan, masak ane join sejak 2009 belum ISO juga :mewek

  10. betul, aspek customer service atau services quality terkadang terabaikan oleh para pebisnis internet :)

    • dafhy

      @arif, iya mas. padahal hal ini adalah yang terpenting karena pelanggan adalah raja :-)

  11. mengingat zaman yang makin canggih, online shopping rasanya bukan hal yang sulit

    tapi ya itu, resiko kecurangannya, jadi agak mikir kalo beli barang dengan harga yang cukup tinggi via online

Leave a Reply