Pelatihan SEO bersama Tim Redaktur ppwalisongo.or.id

pelatihan-SEOJum’at, 14 Desember 2012 ketika ayam mulai berkokok, saya sudah bangun dan mempersiapkan beberapa peralatan untuk pergi ke sebuah tempat yang dahulu menjadi tempat saya menimba ilmu selama 6 tahun. Setelah mengerjakan kewajiban pagi yaitu solat subuh, bersama mobil seorang teman saya berangkat ke tempat yang penuh kenangan itu.

Satu jam kemudian mobil telah memasuki sebuah kawasan yang tak pernah asing bagi saya. Berbagai kenangan menyeruak ketika memasuki kawasan ini. Hingga tibalah saya di gerbang besar yang berdiri dengan kokohnya bertulisan “Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo”. Ya tempat inilah tujuan saya pagi ini, sebuah tempat yang tak akan pernah terlupakan karena di sanalah saya menggali potensi saya tuk meraih sebuah prestasi.

Jika dahulu kala saya datang ke pondok ini adalah untuk kembali dari berlibur di rumah ketika bulan ramadhan dan lebaran, tapi saat ini saya datang untuk membagikan sedikit ilmu kepada adek-adek kelas saya. Ya, pagi ini saya akan membagikan ilmu tentang optimasi mesin pencari atau lebih terkenal dengan Search Engine Optimization. 

Perkembangan zaman yang begitu cepat dengan serbuan berbagai teknologi ditanggapi serius oleh pengurus pondok pesantren ini. Jika dahulu tahun 2001-2007 hanya ada pelajaran tentang komputer (Office), saat ini pelajaran TIK di pondok sudah mengadopsi ilmu dari luar. Pengenalan media sosial, blog dan berbagai ilmu TIK terbaru telah diajarkan kepada adek-adek angkatan saya.

Pelatihan SEO ini diadakan di gedung “Wali Songo IT Center”. Ketika memasuki kawasan ini saya dibuat kaget karena perubahan yang sangat drastis dibandingkan ketika saya santri dahulu. Penataan komputer terkesan sangat modern dan pengajarnya saat ini memang sudah ahli dalam bidangnya.

Pelatihan SEO ini dimulai pukul 08.30. Materi yang saya sampaikan adalah materi yang saya dapatkan dari mas Jauhari yang mana materi ini pernah di sampaikan di acara Idblogilicious chapter Solo bulan Juli lalu dengan berbagai penyesuaian dengan target dari pelatihan ini. Pelatihan ini selain materi, saya langsung ajak adek-adek angkatan saya ini untuk langsung mempraktekkannya karena mereka baru mengetahui SEO melalui pelatihan ini.

Semoga pelatihan ini berguna bagi adek-adek semua dan dapat memperkenalkan ppwalisongo.or.id ke khalayak ramai dengan memaksimalkan mesin pencari (worship)

Comment(s) for “Pelatihan SEO bersama Tim Redaktur ppwalisongo.or.id”

  1. wahh, Master Seo, :D

  2. Luar biasa kang. Semoga ilmunya bermanfaat. Kalangan pesantren harus luas ilmunya bukan hanya ngaji kitab kuning :)

  3. hemmm AQ pengin ikutan dong
    kapan ada kontes seo lg
    salam bloging

  4. Wah aku belum bisa ke pondok. Sekarang masih tersangkut di Surabaya belum bisa kembali ke pondok hehehe…
    Sukses selalu buat mas Khamdani (dafhy).

    • dafhy

      @anashir, semoga cepat selesai skripsinya mas nashir. pondok membutuhkan dirimu. kita buktikan bahwa alumni 41 dapat berguna untuk pondok (worship)

  5. you’re in point of fact a excellent webmaster.
    The web site loading velocity is amazing. It kind of feels that you’re doing any distinctive trick.
    Also, The contents are masterwork. you’ve done a fantastic task on this matter!

Leave a Reply