Android Newbie Survival Guide

android newbie survival guideHandphone adalah sebuah benda yang sepertinya menjadi benda wajib untuk dibawa ke mana-mana. Tidak hanya untuk sms atau untuk telpon, tetapi sekarang handphone berfungsi ganda menjadi alat penghubung pemilik handphone ke dunia maya. Dan mulailah berkembang yang namanya smartphone. Dengan smartphone kita serasa membawa pc/laptop ke mana-mana.

Perkembangan smartphone memang sangatlah pesat, terbukti dengan banyaknya produk-produk unggulan yang beredar di pasaran saat ini. Smartphone saat ini dikuasai oleh beberapa OS mobile yaitu Apple, Blackberry, Android dan yang terbaru saat ini adalah Windows Phone. Dari keempat OS mobile di atas, ada yang bisa kita utak-atik dalamnnya tetapi ada juga yang tidak bisa kita utak-atik.

Salah satu OS yang bisa kita utak-atik adalah Android, OS ini bisa kita utak-atik karena sifatnya yang opensource. Sudah banyak Custom ROM yang dibuat oleh orang-orang penggila android. Salah satu forum yang menjadi rujukan untuk belajar android adalah forum.xda-developers.com. Selain itu untuk area Indonesia (yang mungkin kesulitan menerjemahkan tutorial ke dalam bahasa Indonesia) ada forum kaskus.co.id.

Bagi orang awam dan baru memulai belajar android, pasti menemukan kebingungan ketika tidak ada teman yang bisa diajak diskusi untuk belajar system android ini. Ada rasa takut HH akan rusak karena salah melakukan langkah-langkah di tutorial, ada rasa bingung karena tidak ada tutorialnya dan lain sebagainya.

Nah postingan ini saya tuliskan untuk memotivasi para newbie di bidang android untuk terus semangat belajar mengenai OS yang satu ini. Tidak ada jalan instant untuk memahami sesuatu. Semuanya pasti membutuhkan pengorbanan, pembelajaran dan juga waktu. Berikut ini adalah “Android Newbie Survival Guide” yang saya kutip dari kaskus.co.id sub forum Samsung Galaxy Ace 2:

Tidak masalah menjadi newbie atau pemula di android. Kita semua juga berawal dari tidak tahu. Hanya saja ada beberapa hal yang membedakan:

  1. Adanya kemauan untuk melakukan research/mencari info sendiri baik di google atau teman sebelum bertanya di forum.
  2. Membiasakan diri bahwa tidak semua ilmu itu bisa didapat dengan instant dan mencamkan pada diri sendiri bahwa kemalasan adalah musuh bagi pengguna android.
  3. Tidak berfikiran bahawa semua master/senior android adalah pelayan newbie. Tiap orang punya waktu masing-masing. Kalau ada pertanyaan yang tidak/belum terjawab tidak perlu langsung bersedih, silahkan googling atau bersabar menunggu jawabannya.
  4. Mencamkan pada diri bahwa android adalah smartphone, maka bersikaplah sebagai “smart person” dan jauhkan diri dari sikap labil, alay dan lebay.
  5. Jika kurang paham point 1 sampai 4 ulangi lagi sesuka hati hingga mendapatkan ketenangan batin.
  6. Kemauan dan usaha yang keraslah yang membuat seseorang newbie menjadi master android.

Semoga membantu untuk menyemangati para newbie android untuk terus belajar (worship)

Incoming search terms:

  • utak atik android

Related Posts

Comment(s) for “Android Newbie Survival Guide”

  1. gw pengen belajar tapi sayang ga ada waktu bos. hiks

  2. Meskipun pengguna android tapi ane tetep masih nyubi nih… untuk belajar memang butuh passion disini…
    Saya masih kekurangan waktu karena sibuk di kerjaan offline..

  3. Rasanya yang paling penting adalah adanya kemauan untuk belajar

  4. saya selalu stuck kalau flashing ulang, dan merengek2 ke temen buat dibantuan. hiihii

  5. kalo di tanyain benda paling kesayangan juga pasti kebanyakan orang jawabnya handphone :D

Leave a Reply