Tips Membuat Password Facebook yang Aman

facebook passwordDi zaman yang serba canggih ini, jarang kita temukan orang yang tidak punya account facebook, twitter, plurk atau beberapa situs jejaring sosial lainnya.  Khususnya untuk facebook bahkan satu orang bisa mempunyai beberapa account facebook (entah untuk apa saja account mereka, saya mengurusi satu account facebook saja jarang updatenya).

Facebook, twitter dan lain-lainnya itu saat ini digunakan untuk berinteraksi sesama pengguna internet. Ada yang untuk mencari teman, mencari pacar dan juga mencari kerja. Nah bagi beberapa adek ABG bahkan sampai yang sudah berumur, facebook dan situs jejaring sosial lainnya dijadikan ajang pamer pacar, kemesraan dan masih banyak yang lainnya.

Untuk kasus pamer pacar ataupun pamer kemesraan di jejaring sosial, saya sering memperhatikan status-status mereka. Ketika sedang kasmaran, maka kata-kata manis, saling memuji akan memenuhi beranda facebook mereka. Tetapi jika sedang bertengkar, maka kata-kata makian akan bertebaran di beranda. Ya walau tidak semua seperti itu tapi ada beberapa pasangan yang saya perhatikan melakukan hal itu. Dari pertengkaran-pertangkaran itu kadang ada yang berujung pada perpisahan yang sangat menyakitkan untuk mereka.

Nah di sinilah letak masalah yang akan kita bahas di postingan ini. Postingan ini sengaja saya bumbui cerita di atas karena saya akan membahas mengantisipasi akun facebook di hack orang. Beberapa pembaca mungkin sudah bisa menebak kenapa saya memberikan cerita di atas. Beberapa bulan ini saya dihubungi beberapa teman yang facebooknya dihack oleh orang. Account facebook penuh dengan status yang tidak jelas. Dan bisa ditebak bahwa teman-teman saya yang account facebooknya dihack mereka baru putus dengan pacarnya.

Selain contoh kejadian di atas kita sering mendengar berita seorang mantan pacar menyebarkan foto syur di facebook karena merasa sakit hati.

Dengan postingan ini saya ingin mengingatkan kembali bagaimana mencegah account facebook kita dibobol orang. Untuk lebih jelasnya mari kita simak bagaimana mengantisipasi agar facebook kita tidak di hack orang.

  1. Gunakan password yang sulit ditebak. Sudah banyak pakar IT yang mewanti-wanti hal ini. Gunakan password kombinasi antara huruf dan angka.

  2. Hindari memakai password yang mudah ditebak. Sebagai contoh, saya pernah iseng mengkombinasikan kata-kata 1) qwerty123 2) qwerty_123 3) qwerty.123 dan hasilnya beberapa facebook teman saya bisa saya buka.

  3. Hindari memakai password dengan nama pacar entah dengan kombinasi angka dan huruf atau tidak.

  4. Jangan pernah memberikan password facebook atau account jejaring sosial lain kepada pacar. Berkaca dari masalah yang saya jelaskan di atas, mantan pacar yang sakit hati bisa saja balas dendam menggunakan account jejaring sosial. Ingat kata bijak ini “Tuhan Maha Pemaaf, tetapi internet tak mengenal kata maaf, sekali kejelekan kita tersebar (foto syur, video, dll) tidak akan pernah hilang dari internet.

  5. Gantilah password beberapa bulan sekali.

  6. Dan sebagai tambahan jangan mudah percaya mengirimkan foto-foto syur kepada pasangan kita. Pasangan yang baik itu membawa kita ke dalam kebaikan bukan hanya meminta kehangatan saja.

Demikian tips saya di atas. Agak basi mungkin beberapa tipsnya. Tapi semoga bisa mengingatkan agar selalu menjaga privasi account jejaring sosial kita. “Jangan terlalu menyayangi kekasihmu karena suatu saat dia bisa menjadi musuhmu dan jangan terlalu membenci musuhmu karena bisa jadi dia akan menjadi kekasihmu”.

Incoming search terms:

  • password yang susah di hack

Comment(s) for “Tips Membuat Password Facebook yang Aman”

  1. Untuk password kita disunahkan untuk menjadi anak AL4Y itu akan lebih aman yee agar tidak mudah dibobol…Sesekali AL4y demi kebaikan dan keamanan kan gak papa :)

  2. baca artikel ini jadi keinget akun fesbuk yg satunya lupa paswotnyah :|

  3. saya sekalian mengkombinasikan dengan simbol, seperti * atau #, itu mudah diingat tapi susah ditebak.
    mudah diingat karena kita serasa mau ngeck pulsa aja, misalnya *nama# saya rasa itu sudah cukup aman :)
    buktinya sampe sekarang nggak ada yang membobol facebook saya *eh :)

  4. Makanya saat pacaran dulu, saya paling anti share password FB atau apapun ke pacar.
    Intinya sih saling percaya aja, gak mesti share password segala.
    Soalnya temen saya banyak yang punya kasus kayak gitu juga.
    Kalo password Fb saya sih panjangggggg kayak kereta api.
    Mudah2an gak kebobol lah :D

    • dafhy

      iya mas zippy saling percaya saja tanpa perlu share password fb segala (worship)

  5. kalo password saya sih semua karakter pastinya kepake :D pasti aman man man sejahtera

  6. jadi harus mengganti password setidkanya sebulan sekali ya.. cara yang sangat bagus dan mungkin tak hanya di implementasikan pada akun fb di akun yang lainnya sepertinya kia pun harus bisa menjaga kerahasiaannya
    terima kasih tipsnya dan salam kenal

    • dafhy

      iya kak. bisa diterapkan di semua account online anda. apalagi email (yahoo)

  7. tips ini berlaku pula pada akun email dan akun2 security lainnya…. :)

  8. mantap tipsnya, saya selalu pake generator juga mas, jadi menghasilkan password yang kuat..

  9. Dan ingat, gantilah password secara berkala.. :)

Leave a Reply