Membersihkan Memori Android dengan Clean Master

Membersihkan Memori Android dengan Clean Master – Clean Master (Cleaner) merupakan salah satu aplikasi pembersih file sampah yang ada di memori smartphone android baik internal ataupun eksternal. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, saya bisa merasakan perbedaan yang sangat nyata. Kapasitas memori akan semakin lega, bahkan saya mengalami penyusutan memori sebanyak 248MB setelah melakukan beberapa tahap pembersihan.

Mungkin ada beberapa pengguna yang beranggapan bahwa jika memorinya penuh, jalan satu-satunya yakni uninstall aplikasi yang dianggap tidak penting. Namun perlu diketahui bahwa saat proses uninstall dilakukan, data chache dari aplikasi tersebut tidak akan ikut terhapus. Data sampah itulah yang akan tetap memenuhi kapasitas memori smartphone tersebut. Clean Master merupakan solusi dari masalah ini. Aplikasi ini bisa membersihkan chache di aplikasi yang masih ter-install maupun file sampah yang memenuhi memori. Kita harus menggunakan aplikasi tersebut karena file sampah itu tidak akan terlihat di menu my files.

Clean Master Aplikasi Bersih-Bersih Memori Handal

Clean Master bisa didownload langsung dari Google Play Store. Jika sudah diaktifkan, coba buka aplikasi Clean Master tersebut. Ketika dibuka, kita akan disuguhi tampilan yang cantik dan ada 4 pilihan proses pembersihan di sana. 4 proses itu yakni History, Privacy, Memory Boost dan App Manager.

Tampilan depan Clean Master
Tampilan depan Clean Master

Untuk memulai membersihkan memori, kita tinggal memencet 4 pilihan proses pembersihan itu. Yang sering saya praktekkan, yang pertama saya pilih opsi History. Setelah memencetnya kita akan disuguhi tampilan yang akan men- scan junk files yang ada di dalam memori. Setelah selesai proses scan, kita bisa memencet tombol clean yang ada di bawah dan tunggu proses bersih-bersih junk files selesai. Di dalam menu History ada dua sub menu yakni standard dan advances. Bersihkan saja keduanya untuk mendapatkan hasil penurunan kapasitas memori yang lebih banyak.

Menu pada pilihan Junk Files Clean Master
Menu Junk Files Clean Master

 

Menu memory boost Clean Master
Menu memory boost Clean Master

 

Untuk menu Memory Boots kita bisa memilih file atau aplikasi mana yang ingin dibersihkan. Jika sudah dipilih dan proses scan selesai, kita tinggal memencet tombol clean. Nah kalau sudah selesai coba lihat tampilan depan dari Clean Master tersebut. Coba lihat berapa kapasitas memori yang berkurang karena proses bersih-bersih dengan Clean Master tadi. Lebih enaknya jika junk files yang ada di smartphone sudah banyak, ada peringatan dari aplikasi Clean Master untuk segera membersihkannya. Dengan memori yang lega, smartphone-pun akan terasa ringan lagi.

Incoming search terms:

  • cara menggunakan clean master
  • fungsi clean master
  • kegunaan clean master
  • cara menggunakan aplikasi clean master
  • manfaat clean master
  • cara menggunakan clean master di android
  • cara memakai clean master
  • fungsi aplikasi clean master
  • cara menggunakan clean master android
  • aplikasi pembersih android

Related Posts

Comment(s) for “Membersihkan Memori Android dengan Clean Master”

  1. aplikasi yang bagus ini, makasih mas

    • dafhy

      Sama-sama kak Android Indonesia (worship)

    • ubaidillah

      Assalaam smua…
      *mcm mna kita nk tahu , evryone” individu yg tdk brtnggung jwb dgn mnggoddam smua mklumat2 yg trsimpaan d dlm telifon pintar atau pranti mdah alih dgn pelbgai bgai cara utk mncroboh dan juga boleh mngwal smua aplikaasi bahkn security….bgai mna utk bendung maalaah malapetaka dri utk trus disnoop??

  2. roccoe1lira

    memang sangat bagus dan responsif gan. tapi belum paham nih. indikator prosentase apa yang muncul di device. sampahnya ato memory yang telah dibersihkan. mohon advise gan

  3. dafhy

    Ada dua jenis indikator kak Rocco. Yang pertama sampah dan yang kedua memory yang sudah dibersihkan. Silahkan dicoba (worship)

  4. amrudin

    Pembersih ini mengefekkan aplikasi bisa hilang ngak gan?

  5. nena

    jadi klo ada printah clean junk, di bersihkan aja ya? file2 yg terpilih untuk di clean junk ga akan hiang kan?

  6. ternyata tampilan awalnya clean master kayak gitu ya… yang sekarang sudah lebih keren hehe

  7. Sekedar info tambahan… Selain untuk bersih-bersih ram, clean master juga punya banyak manfaat lain. Misalnya saja untuk backup apk tanpa root, dll.

  8. masih work gan , makasih banyak

Leave a Reply