PLN Bersih – Wujud Gerakan PLN Anti KKN

PLN bersihDalam kehidupan masyarakat modern, keberadaan energi listrik sangatlah dibutuhkan. Energi listrik memiliki peranan penting khususnys untuk menerangi rumah dan berbagai lokasi ketika kegelapan mulai menyelimuti bumi. Di samping itu kegunaan energi listrik mengalami penambahan fungsi sebagai sumber tenaga dari beberapa hal. Smartphone, laptop, komputer, televisi dan berbagai alat elektronik lainnya memerlukan energi listrik untuk bisa menghidupkannya. bersyukurlah kita yang sudah hidup di jaman yang sudah maju sehingga tidak mengalami masalah penerangan minim ketika malam hari. Apalagi dengan kemajuan teknologi sekarang, internet dengan berbagai kegiaatan di dalamnya seperti blog bisa kita nikmati karena adanya energi listrik.

Berbicara mengenai sumber energi listrik yang ada di negara kita, pastinya semua orang sudah tahu bahwa PLN merupakan perusahaan milik negara yang memiliki wewenang untuk mengaturnya. Dengan kata lain aliran listrik yang masuk ke rumah kita tentunya semua diurusi oleh PLN. Jadi pastinya kita semua sudah pernah berurusan dengan PLN seperti pemasangan unit baru, tambah daya atau perbaikan. Pasti semua orang punya cerita sendiri-sendiri tentang pengalaman berurusan dengan petugas PLN yang ada di kantor maupun petugas lapangan yang datang ke rumah. Cerita itu ada yang baik dan juga ada cerita yang kurang baik. Saya sendiri juga memiliki 2 cerita dengan petugas PLN yang memiliki alur cerita yang sangat berbeda. Perbedaan mencolok itu terlihat dari kinerja petugas PLN yang baik serta tidak adanya pungutan liar lagi. Ya, sudah tidak heran lagi jika dulu jika ingin memanggil petugas PLN ke rumah pasti ada uang tambahan. Namun sekarang sangatlah berbeda. Bagaimana kisah saya itu? Simak di paragraf selanjutnya ya (worship)

PLN Bersih Menghilangkan KKN di Tubuh PLN

Kisah saya dengan petugas PLN dimulai di awal tahun 200-an. Ketika itu saya masih duduk di bangku sekolah dasar jadi yang berurusan dengan petugas PLN adalah almarhum bapak saya. Namun saya masih ingat betul apa yang terjadi pada waktu itu. Di waktu itu listrik yang masuk ke rumah saya masih nebeng ke rumah tetangga yang sudah memasang listrik sejak lama. Nebeng listrik dengan tetangga dan membayar tagihannya bergotong royong dulu sangat banyak dilakukan di desa saya karena lebih irit dan tidak ribet berurusan dengan petugas PLN. Namun karena penggunaan listrik semakin banyak, bapak menutuskan untuk memasang listrik sendiri. Karena kantor PLN lumayan jauh dari rumah, maka bapak meminta tolong kepada seorang petugas PLN yang rumahnya lumayan dekat untuk mengurus semua keperluan memasang listrik di rumah saya. Tidak memerlukan waktu lama, ada kabar bahwa pengajuan pemasangan listrik baru disetujui dan bapak disuruh pergi ke kantor PLN untuk menyelesaikan administrasinya. Ketika semua persyaratan terpenuhi dan tagihan biaya diserahkan, bapak sangat heran dengan angka yang tertera di sana. Jumlahnya melonjak cukup banyak dari anggapan awal pembayaran untuk memasang listrik baru. Namun karena tidak mau ribet, bapak membayar tagihan sesuai dengan angka yang tertera di situ. Setelah pemasangan meteran selesai rupanya petugas juga meminta uang sebagai pengganti bensin mereka. Bapak juga tidak bisa menolak hal itu karena sudah merasa dibantu.

Beberapa minggu setelah pemasangan listrik di rumah kami, bapak bertemu dengan petugas PLN yang dari awal dimintai tolong untuk mengurus pengajuan pasang listrik itu. Bapak iseng bertanya mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memasang listrik baru. Dari jawaban yang diterima petugas PLN itu, terbukti bahwa uang yang dibayar bapak melebihi biaya yang harus dibayar. Petugas PLN tersebut rupanya bercerita kepana biaya administrasi itu bisa membengkak lumayan besar. Rupanya setiap ada pengajuan listrik baru, harus ada setoran untuk bagian adminstrasi, teknisi dan juga kepala kantor PLN. Hmmm, saya baru sadar kenapa uang kelebihan administrasi begitu banyak karena banyak juga yang harus diberi jatah.

Semenjak itu saya sudah tidak pernah lagi berhubungan dengan petugas PLN karena memang tidak ada masalah apapun dengan listrik di rumah. Saya kembali harus pergi ke kantor PLN beberapa bulan yang lalu karena saya akan menambah daya listrik di rumah saya. Karena sudah memiliki pengalaman sebelumnya maka saya sudah menyiapkan banyak uang untuk membayar administrasi. Ketika proses pengajuan dan diterima, saya sudah melihat ada kemajuan karena proses lebih cepat. Ketika proses pembayaran biaya administrasi, saya baru menemukan hal lain di tubuh PLN. Biaya administrasi yang saya bayarkan sesuai dengan apa yang pernah saya baca di brosur dari PLN. Ketika petugas datang ke rumah dan memasang meteran baru, mereka juga dengan halus menolak pemberian uang ganti bensin yang sudah saya siapkan. Saya pun sangat takjub dengan perubahan besar itu. Dahulu berurusan dengan PLN pasti ada uang tambahan, namun sekarang PLN sudah bersih dari praktek KKN yang sesuai dengan program “PLN Bersih”.

Perubahan besar di tubuh PLN itu rupanya ditangani dengan serius dan menggandeng beberapa lembaga untuk mengawasinya. Salah satu lembaga yang diajak kerjamasama oleh PLN adalah Transparency International Indonesia (TII). TII merupakan salah satu NGO antikorupsi yang bertugas mengawasi sebuah lembaga dari hal-hal yan berbau korupsi. Kemitmen besar dari PLN itu memang dirasa memiliki dampak besar terhadap semua orang yang memiliki keterkaitan dengan PLN.

Para pemangku kebijakan di tubuh PLN mengerti bahwa praktek korupsi, suap dan pungutan liar terbesar ada di bagian pengadaan barang dan jasa pelayanan kepada pelanggan. Dari masalah bawah yang langsung bersentuhan dengan pelanggan itulah tujuan utama dari program PLN Bersih. Dan untuk mencegah terjadinya korupsi, suap dan pungutan liar, program PLN bersih melakukan beberapa pencegahan. Pencegahan itu antara lain membuat sistem pelayanan yang berbasis internet dengan tujuan membuat pengajuan terlihat transparan dan mengurangi pertemuan antara pelanggan dan petugas. Membuka layanan pengaduan dengan memanfaatkan sosial media baik facebook fans page dan akun twitter dan beberapa langkah pencegahan lainnya.

Saya Blogger dan Mendukung PLN Bersih

Dari tulisan di atas saya sudah mengemukakan bahwa saya sangat mendukung program PLN bersih. Semoga dengan adanya program tersebut mampu memberikan perubahan nyata bagi tubuh PLN sehingga mampu keluar dari masalah buruk yang menghinggapinya. Meskipun masih ada banyak hal yang harus diperbaiki ke depannya, langkah PLN saat ini sudah sangat bagus dan harus kita dukung. Jika bukan kita warga negara Indonesia yang notabene pelanggan PLN, siapa lagi yang akan mendukung niat baik itu?

Bagaimana caranya mendukung program PLN bersih? Sebagai blogger menuliskan tentang kebijakan baru dari PLN seperti tulisan di atas menjadi contohnya. Dari tulisan itu saya bisa sudah menginformasikan perubahan di tubuh PLN dalam sebuah tulisan. Selain itu kita bisa mengawasi tindakan korupsi, suap dan pungutan liar secara langsung. Jika menemukan penyelewengan kita bisa langsung mengadukan masalah tersebut melalui akun facebook dan twitter PLN yang tentunya akan lebih cepat direspon.

Tulisan di atas ditulis untuk diikutkan dalam kontes blog yang diadakan oleh PLN dan BlogDetik sebagai wujud memperingati Hari Listrik Nasional ke-68.

Sumber tulisan dan gambar:

  1. www.plnbersih.com
  2. akudanpln.blogdetik.com

Incoming search terms:

  • biaya panggil pln kerumah
  • cara memanggil ORANG PLN
  • manggil pln berapa kira bayarnya

Leave a Reply