Semangat itu Muncul Lagi

Sebagai seorang blogger yang memulai mengisi hari dengan menulis di blog dari tahun 2007, update blog sudah menjadi sebuah keharusan yang tak tertulis. Kalau tak mau update blog ya berarti buat apa bikin blog? Namanya blog ya diisi dengan tulisan atau setidaknya sebuah foto.

Di awal mengenal dunia blog, aku sangat suka menulis. Hampir satu minggu dua kali aku update blog. Semua hal yang ada di otak aku tulis mulai dari pengalaman yang aku dapat, atau menanggapi suatu hal yang aku sukai. Blog yang aku bangun dengan platform blog gratis WordPress diisi dengan tulisan-tulisanku yang tak bertema dan menjadi semacam buku catatan harian.

Satu tahun kemudian aku pindah ke blog berbayar dafhy.net. Semangatku terus bertambah karena memiliki blog dengan domain dan hosting sendiri. Saat itu memiliki blog dengan domain sendiri tanpa embel-embel wordrpress, blogspot, dagdigdug, detik dan multiply sangatlah membanggakan.

Sayangnya masa keemasan blog mengalami kemunduran ketika situs jejaring sosial datang. Facebook dan Twitter membuat komunikasi di blog dengan saling berkomentar berpindah ke akun sosial media. Semangatku untuk menulis di awal kemunculannya masih bisa dijaga dengan baik. Tapi lambat laun karena teman ngeblognya semakin sedikit rasa malas itu mulai melanda. Mulai saat itu intensitan ngeblog mulain menurun. Dari posting satu minggu dua kali turun menjadi satu kali. Lalu turun lagi jadi satu bulan sekali. Hingga pernah beberapa bulan aku tak update blog, dan itu masih bertahan hingga sekarang.

Mungkin ada yang bertanya kenapa di blog utama postingannya masih berjumlah 50-an sedangkan aku berkata sudah ngeblog sejak tahun 2007 dan update blog satu minggu dua kali? Postinganku sejak awal ngeblog hingga awal tahun 2012 hilang karena tanpa sengaja aku menghapus database ketika bebersih hosting. Penyedia hosting tidak menyediakan back up sehingga aku harus membangunnya dari awal.

Kembali ke masalah update blog yang masih saja bertahan satu atau dua bulan sekali, beberapa bulan ini aku menemukan lagi semangat ngeblog dari para blogger khususnya yang tergabung di Kumpulan Emak2 Blogger. Tidak bisa aku sebutkan satu persatu karena sangatlah banyak. Intinya blogger-blogger dari emak-emak cantik ini telah membuat diriku tertampar. Bagaimana aku yang masih bebas ini kalah dengan emak-emak yang memiliki kesibukan yang bejibun itu.

Timbul semangat dari dalam diri sendiri kalau aku ingin semangat ngeblog kembali. Tapi karena blog utama sudah aku ubah bertema gadget dan dunia IT setelah kejadian database hilang itu, sayang untuk mencampurnya dengan postingangan pribadi yang tidak terarah. Jadi aku putuskan untuk membuat blog baru ini. Do’akan semoga semangat ngeblog kali ini bisa bertahan sampai akhir hayat. Ingatkan aku ya kakak-kakak semua jika aku malas update blog. Ya walaupun tulisan yang aku buat tidak jelas dan tidak berkualitas seperti kaka-kakak semua. Aku akan belajar kembali menjadi seorang blogger yang konsisten untuk menulis.

Related Posts

Khamdani Ali Mashud

Rumah Baru

Comment(s) for “Semangat itu Muncul Lagi”

  1. ditunggu updatenya lagi mas..
    berharap blogsphere kembali ramai hehe

  2. iya sepakat sama atas ane gan.
    yuk semangat ngeblog maning.
    hehe :)

Leave a Reply