Serunya Ikut Bengawan Solo Gethek Festival

Minggu kemarin tepatnya tanggal 9 Maret 2013 Solo menyelenggarakan even tahunan yaitu “Bengawan Solo Gethek Festival”. Even yang diadakan di sepanjang aliran sungai Bengawan Solo sebenarnya sih diadakan pada akhir tahun. Tapi karena beberapa alasan akhirnya Pemkot Solo mengajukan acara ini di awal tahun. Karena aku tidak dapat info jadi ya tidak bisa melihat even ini, padahal tahun ini daerah tetangga seperti Wonogiri ikut ambil bagian (idiot) Ada barongsai juga

Berbicara mengenai even besar ini, tahun 2011 lalu aku pernah ikut acara ini lho. Ya, Bengawan Solo Gethek Festival 2011 yang diadakan pada bulan Nopember itu aku ikuti. Bersama pakde Blontank dan Mas Hendri aku ikut acara tahunan ini. Pertamanya sih bingung juga ini acara apa ya? Tapi setelah sampai lokasi aku baru tahu apa yang menarik dari even ini. Ya, even ini adalah sebuah agenda tahunan yang memperkenalkan Bengawan Solo kepada khalayak ramai. Tujuan di samping itu ternyata Pemkot Solo ingin mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembangaran ke sungai. Gagasan yang menarik ya, mengajak membersihkan sungai dan memberikan even tahunan yang menarik.

Sesampainya di pinggir sungai, pemandangan pertama yang disuguhkan adalah gethek yang berjajar rapi dan penuh dengan hiasan. Bahkan ada beberapa gethek yang menggunakan alat musik sebagai penghibur. Suasana pagi itu sangatlah panas, tapi tidak membuat semangat peserta festival dan penonton menurun. Suara musik dari beberapa gethek menyemarakkan suasana sambil menunggu orang nomor satu di Solo. Pak Jokowi di tahun 2011 kan masih di Solo, jadi beliaulah yang ditunggu-tunggu. Bengawan Solo Gethek Festival

Ketika Pak Jokowi datang, beliau langsung naik ke gethek yang paling besar dengan adanya tumpeng raksasa berisi berbagai macam hasil panen. Gethek-pun mulai berjalan perlahan dengan dipimpin oleh perahu pak Jokowi dan disusul semua peserta “Bengawan Solo Gethek Festival”. Aku sebagai peserta tak resmi sama pakde Blontank diberi ID Card wartawan dan ikut ke perahu karet milik Tim SAR bersama rombongan wartawan dan Tim SAR.

Karena even ini hanya dilakukan satu tahun sekali, tak aku sia-siakan untuk tidak mengabadikan gambar di sana. Sayangnya karena perahu karet Tim SAR juga harus memastikan perjalanan lancar dan tidak ada kendala dengan semua peserta, jadi aku tida bisa mengambil gambar dengan spot yang bagus. Lagian waktu itu aku maish belum paham teknik fotografi juga. Jadi maafken kalau fotonya jelek.

Ada pak Jokowi lho (tapi tahun 2011 ya)
Ada pak Jokowi lho (tapi tahun 2011 ya)

Setelah beberapa puluh kilo melewati sungai Bengawan Solo, akhirnya peserta sampai di panggung utama di dekat jembatan yang aku lupa namanya (idiot)  Di sana sudah ada panggung utama yang menyediakan berbagai macam hiburan. Sayangnya aku tidak sempat mengambil gambar karena sudah dipanggil pakdhe untuk pulang ke markas RBI. Itu tadi pengalamanku di tahun 2011 lalau mengikuti acara “Bengawan Solo Gethek Festival”. Dan sayang banget tahun ini tak bisa melihatnya, pun juga aku sedang repot banget dengan pekerjaan jadi ya semoga even Solo lainnya bisa aku lihat.

Sebagai pecinta kota Solo tidak afdol memang kalau tidak menikmati salah satu even tahunan di sana. Kota impian yang ingin aku tinggali dengan keramahan penduduk dan banyaknya agenda tahunan di sana. Kalau kalian di mana kota impian yang ingin ditinggali?

Ini buktinya aku di acara itu
Ini buktinya aku di acara itu

Related Posts

Comment(s) for “Serunya Ikut Bengawan Solo Gethek Festival”

  1. Saya sudah pernah dengar sih soal Bengawan Solo Gethek Festival ini, waktu itu Pak Jokowi masih jadi walikota Solo dan ada beberapa bule yang ikut juga. Lupa tahun berapa..

    • admin

      Tahun 2011 kemarin sepertinya gak ada bule yang ikut mas. Tapi pas di panggung utama ada

Leave a Reply