Melepas Penat di Embung Nglanggeran

Masih bertema liburan dan meneruskan postingan yang kemarin, Setelah puas mendaki Gunung Api Purba ya walau hanya sampai pos satu teman-teman ngajakin lanjut ke tempat wisata yang masih berada di dalam satu kawasan. Kawasan wisata ini namanya “Embung Nglanggeran”. Apa sih itu Embung Nglanggeran? Apa uniknya? Heh, sabar dulu ya. Biar aku jelaskan satu persatu dulu mengenai tempat pariwisata ini.

Embung Nglanggeran bahasa simpelnya sih tempat penampungan air hujan. Tempatnya berada di atas bukit lho dan gede banget tempat penampungannya. Entah itu butuh berapa meter terpal sebagai pelapis agar airnya tidak bocor ke bawah. Fungsi embung ini sebenarnya untuk persediaan air bagi warga sekitarnya yang konon katanya cukup kesusahan air apalagi kalau musim kemarau sudah tiba. Karena lokasinya yang cukup strategis dengan menawarkan pemandangan alam yang sangat cantik, akhirnya para pemuda desa mencoba mengolahnya menjadi sebuah objek wisata. Dan ternyata sambutan masyarakat pun begitu baik sehingga membuat kawasan ini terus berbenah diri menjadi tujuan wisata di daerah Gunung Kidul.

Sebelum sampai ke lokasi ini, kita akan melewati lokasi wisata Gunung Api Purba dulu. Dari sini, juga kelihatan kok betapa gagahnya jajaran bukit berbatu itu. Meskipun dalam masa pengembangan, jalan menuju lokasi ini sudah lumayan bagus. Tempat parkirnya cukup luas lho. Tapi sayangnya ada di tempat yang jauh dari pepohonan jadi siap-siap deh motor bakal kepanasan. Untuk masuk ke sini, kita dikenai tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orangnya. Kalau membawa sepeda motor, ada tambahan biaya Rp 2.000. Jadi aku bersama temanku habisnya Rp 8.000 saja. Lumayan murah kan?

Parkirnya luas kan? (foto by mas Dzofar)
Parkirnya luas kan? (foto by mas Dzofar)

Kalau mau menuju ke Embung, kita harus menaiki tangga sekitar 200 meter. Nah, sampai di atas sebuah kolam air yang dipagari dengan pagar besi berada di depan mata. Aku datangnya jam 12.30-an, jadi kondisinya sedang panas-panasnya. Tapi meskipun panas, banyak kok yang datang ke sini. Kebanyakan sih bersama pasangan atau keluarga, ada juga yang bersama rombongan teman-teman, termasuk aku :D

Pemandangan Gunung Api Purba dari Embung Nglanggeran (foto by mas Dzofar)
Pemandangan Gunung Api Purba dari Embung Nglanggeran (foto by mas Dzofar)

Meskipun Embung sedikit berada di bawah Gunung Api Purba, pemandangan alamnya tidak kalah cantik lho. Kalau melihat ke sisi atas, kita bisa melihat kemegahan gunung api itu. Bentuk embung yang unik juga bisa dijadikan obyek gambar. Kalau bisa mengambil angle yang pas, akan tercipta foto yang cantik lho. Kalau merasa panas, ada tempat berteduh di salah satu sisi embung dan juga di atas bukit yang masih dekat dengan embung. Kalau mau lebih ke atas lagi, pemandangan embung akan terlihat lebih menarik lho. Sayangnya karena panas teman-teman malas untuk naik ke atas. Jadi kita hanya berteduh di sisi embung saja.

ini nih yang namanya Embung Nglanggerang. Keren kan?
ini nih yang namanya Embung Nglanggerang. Keren kan?
Melepas Penat di Embung Nglanggeran
Langitnya keren lho

Katanya mas Dzofar, sang vektoria jenaka, tempat ini cocok untuk menikmati keindahan pemandangan sunset. Sayangnya aku datang di siang hari sih jadi tak bisa melihat semburat jingga langit di atas embung. Apalagi air embung pasti bisa memantulkan cahaya langit di sore hari, pasti pemandangannnya akan sangat indah. Ini nih salah satu foto pemandangan senja di Embung Nglanggeran yang aku ambil dari blognya mas Dzofar. Cantik bukan? Jadi kalau ke Gunung Kidul dan bingung mau ke mana untuk menikmati senja, datang saja ke Embung Nglanggeran.

Pemandangan sunset-nya amajing banget lho (foto by mas Dzofar)
Pemandangan sunset-nya amajing banget lho (foto by mas Dzofar)

Foto dari mas Dzofar aku copas atas seijin yang punya ya. Kalau mau tahu tulisan mas Dzofar boleh nih dilanjut ke sini (worship)

Related Posts

Comment(s) for “Melepas Penat di Embung Nglanggeran”

  1. Mantab! Soriii baru sempet mampir ke sini hahaha.. ini postingan udah setahun yang lalu ya hahaha..

    Embung nglanggeran pemandangannya super awesome!

Leave a Reply