Tips Memanfaatkan Gadget untuk Olahraga

Tips Memanfaatkan Gadget untuk Olahraga – Namanya saja smartphone yang berarti “ponsel pintar”, jadi jangan heran jika smartphone sekarang memiliki banyak sekali kegunaannya. Pada awalnya saya sendiri berpikir kalau smartphone hanya berguna untuk aktivitas online yang paling banyak tentunya untuk aktivitas sosial media. Dengan menggunakan smartphone bisa twitter-an atau facebook-an dengan mudah. Kalau ada pemberitahuan langsung muncul secara real time yang sama seperti SMS kecepatannya. Kegiatan di sosial media lebih seru karena bisa update dengan cepat. Kalau ada email masuk juga bisa diketahui dengan mudah. Itu anggapan saya ketika pertama kali menggunakan smartphone.

Ternyata anggapan awal saya tentang smartphone masih kurang tepat. Selain untuk aktivitas bersosial media, ternyata banyak sekali kegunaan smartphone. Banyaknya fungsi smartphone berbanding lurus dengan tumbuhnya aplikasi yang berguna untuk beragam kegiatan. Kalau dulu ada anggapan smartphone membuat orang menjadi malas (bangun tidur langsung cari smartphone, mau tidurpun tidak lepas dari smartphone) dibenarkan oleh banyak orang, sekarang tidak begitu lagi ceritanya. Sekarang sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan agar badan bisa sehat. Ya, aplikasi perekam kegiatan berolahragalah merupakan salah satu kelebihan smartphone saat ini.

Tips Memanfaatkan Gadget untuk Olahraga

Pertama kali mengetahui bahwa smartphone bisa digunakan untuk aktivitas olahraga adalah ketika melihat status teman di facebook. Dia seorang yang suka banget dengan kegiatan olahraga bersepeda. Tidak tanggung-tanggung, jalur lintas propinsi sering dia dan teman-temannya lahap. Ternyata setelah aku lihat dia menggunakan aplikasi Mapmyride. Aplikasi ini memiliki kegunaan untuk merekam panjang lintasan yang sudah kita lalui. Informasinya juga lumayan lengkap, mulai dari kecepatan rata-rata, kalori yang terbakar dan waktu yang kita tempuh. Nah aplikasi ini memanfaatkan GPS untuk merekam lokasi yang kita lalui. Setelah selesai bersepeda kita bisa save dan dijadikan motivasi untuk terus meningkatkan panjang lintasan. Kelebihan aplikasi ini akan terasa kalau kita memiliki rencana gowes ke sebuah tempat. Dengan membukanya menggunakan pc di www.mapmyride.com, kita bisa membuat jalurnya. Nah setelah jalur sudah jadi, kita bisa melihat bagaimana kondisi jalannya. Berapa point elevasi yang ada di track itu. Elevasi dibagi ke 10 angka, nah semakin tinggi tanjakan akan semakin kecil nilai elevasinya. Dengan begitu kita tidak akan kaget dengan medan yang kita lewati.

tampilan aplikasi Mapmyride. User friendly kan?

Ada lagi satu lagi yaitu mas Dzofar yang menggunakan aplikasi Endomondo. Aplikasi ini sama dengan Mapmyride. Mulai dari cara kerja dan informasi yang tersedia hampir sama. Perbedaannya informasi di Endomondo lebih lengkap. Ada maksimal kecepatan ketika mengayuh sepeda yang tidak ada di aplikasi Mapmyride. Tapi kekurangan aplikasi ini terletak dari cara menghitung kalori yang terbakar. Endomondo masih menyamakan kalori yang terbakar ketika bersepeda dengan berlari. Padahal kan lebih banyak berlari daripada bersepeda kalori yang terbakar. Memang Endomondo bisa dijadikan sebagai aplikasi perekam bersepeda dan juga berlari.

Aplikasi Endomondo menampilkan keterangan yang lengkap
Aplikasi Endomondo menampilkan keterangan yang lengkap

Kalau yang suka berlari ada aplikasi dari produsen sepatu ternama Nike. Aplikas perekam olahraga berlari itu diberi nama Nike+ Running. Dengan aplikasi ini kita bisa merekam waktu berlari dan juga jaraknya. Yang lebih menarik lagi ada fitur musik yang bisa kita atur playlist-nya ketika berlari. Ada penyemangatnya lagi, jadi aktivitas berlari tetap menyenangkan walaupun sendirian.

Aplikasi Nike+ Running bisa merekam jalur lari kita
Aplikasi Nike+ Running bisa merekam jalur lari kita

Ketiga aplikasi di atas sudah saya coba semuanya. Dan ketiganya membuat aktivitas berolahraga saya terus meningkat. Selalu ada dorongan untuk mengalahkan catatan olahraga kemarin. Jadi kalau bisa memanfaatkan smartphone dengan baik, kita bisa menjadi smart people juga kan? (worship) Itu tadi sedikit tips memanfaatkan gadget untuk olahraga dari saya. Bagaimana denganmu?

Incoming search terms:

  • aplikasi pengukur jarak lari
  • aplikasi penghitung jarak lari
  • kumpulan cerpen islami part 30
  • cara menggunakan endomondo
  • penggunaan map my ride
  • cara kerja gps android saat perhitungan kalori saat olahraga
  • cara kerja endomondo
  • cara aplikasi edomondo bekerja di smartphone
  • aplikasi untukmengukur jarak kita berlari
  • aplikasi untuk berlari

Related Posts

Comment(s) for “Tips Memanfaatkan Gadget untuk Olahraga”

  1. akurat po gak yah

    • dafhy

      Kalau Mapmyride sama Nike+ Running sudah saya coba dan menurut pehaman awam saya sih akurat. Kalaupun tidak akurat saya memakai aplikasi ini sebagai penyemangat saja mbak. Lihat rute sepedaan atau lari yang kemarin, rasanya kurang pas kalau ada di bawahnya (worship)

  2. Hahahaha… aku tak nggawe endomondo wae wis.. setia sama satu aplikasi. Cuman hitungan kalorinya kok disamaratakan ya kalau endomondo? Ya masa kalori untuk lari dan sepedahan kok sama :(

    • dafhy

      Lha iyo kui mas seng aneh soko Endomondo hehehe

  3. Bener deh, gadget itu bisa banget dipake buat apapun asal tau cara ngegunainnya hehe

  4. Jin

    Jim – If you’re entering miles mnlaaluy, you can just enter the distance and trip type on the website. If you’re using the Endomondo app to log miles, just start your trip when you begin the bike portion of your mix-mode trip. It should get added automatically.All bike miles count for the challenge: commute, sport, transport, etc. So you don’t need to worry about only logging commuting miles.

Leave a Reply