Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris, sebuah kampung yang mungkin masih asing di telinga kita. Apakah itu Kampung Inggris? Semacam kampung yang dipenuhi oleh warga Inggris atau kampung yang semuanya berbau Inggris? Kampung Inggris adalah sebuah sebutan untuk sebuah Desa di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Jawa Timur yaitu desa Tulungrejo. Desa ini disebut dengan Kampung Inggris karena di lokasi ini terdapat begitu banyak lembaga kursus bahasa Inggris. Selain itu faktor yang mempengaruhi kenapa lokasi ini disebut kampung Inggris adalah kita akan menemukan banyak orang berbicara bahasa Inggris di kampung ini. Selain orang-orang yang sedang mengambil program kursus, ada banyak penduduk lokal yang bisa diajak berbicara bahasa Inggris seperti penjual buku, penjual bakso bahkan penjual penthol.

Akhir bulan Juli lalu, saya akhirnya diberi kesempatan untuk mengunjungi kampung Inggris ini. Berbekal petunjuk dari apa yang saya dapatkan di internet, saya berangkat ke kampung ini. Kesan pertama ketika saya menginjakkan kaki di kampung ini adalah aura kampung yang sangat berbeda dari kampung-kampung lain yang pernah saya kunjungi. Secara fisik kampung ini memang tidak ada yang istimewa, namun melihat begitu banyak orang yang berbicara bahasa Inggris seakan itu adalah bahasa keseharian mereka membuat saya takjub dengan kampung ini.

Di kampung Inggris ini, terdapat 146 lembaga kursus bahasa Inggris. Secara garis besar lembaga kursus di kampung Inggris ini terbagi menjadi 3 golongan. Golongan yang pertama adalah lembaga kursus yang berisi paket penuh yang mana semua aspek dalam bahasa Inggris diajarkan baik dari speaking, reading, writing dan juga grammar. Lembaga kursus golongan pertama ini hanya dibuka dalam paket 3 bulan dan juga 6 bulan.

Suasana Belajar yang Kondusif

Untuk golongan ke 2 adalah lembaga kursus yang memfokuskan diri ke kelas grammar yang di dalamnya mencakup pembahasan grammar, writing, translation, persiapan pre TOEFL dan juga TOEFL. Pembagian kelas pada lembaga ini biasanya ada yang paket full yaitu semua pelajaran grammar diajarkan, dan ada juga kelas yang dapat diambil yang sesuai dengan kemampuan grammar kita. Untuk lama program kelas di kelas grammar ini adalah 2 bulan untuk paket full grammar dan juga 1 bulan untuk kelas pre TOEFL dan TOEFL dan juga kelas yang dapat kita sesuaikan dengan kemampuan grammar kita.

Golongan ke 3 adalah lembaga kursus yang menekankan kepada speaking atau berbicara. Kelas inilah yang biasanya paling ramai dan sering kehabisan kelas jika kita tidak mendaftarkan diri jauh-jauh hari. Di kelas ini, juga terbagi dari kelas pemula sampai ke mahir dalam berbahasa Inggris. Kelas ini fokus kepada membangun kepercayaan diri untuk bisa berbahasa Inggris tanpa malu walau grammarnya masih belepotan. Kita dituntut untuk aktif mengutarakan pendapat dan juga bertanya dalam bahasa Inggris. Selain itu tugas-tugas yang diberikan tutor sangatlah membangung kepercayaan diri kita. Mulai dari membuat percakapan singkat mengenai sebuah topik bersama teman kita, debat, membuat pertunjukan kecil yang bisa berupa talk show, parodi iklan, dan juga drama. Lama kelas ini adalah 2 minggu dan 1 bulan.

Selain tempat kursus yang sangat beragam, di kampung ini tersedia juga camp atau asrama yang di dalamnya terdapat program-program pendukung untuk memperlancar kita menguasai bahasa Inggris. Camp atau asrama ini adalah kawasan wajib berbahasa Inggris 24 jam. Selain wajib menggunakan bahasa Inggris, kita juga diwajibkan mengikuti program asrama yang dilakukan 2 kali dalam 1 hari yaitu pukul 05.30 dan juga pukul 19.30. Fasilitas yang akan kita dapatkan selain program-program pendukung adalah tiap kamar dihuni oleh 3 sampai 4 orang, kasur dan almari pakaian.

Kelebihan lain cara pengajaran di kampung Inggris ini dari pada lembaga kursus lain adalah begitu akrabnya tutor dan juga siswanya. Mereka bisa seperti teman dan sangat terbuka dengan pertanyaan-pertanyaan kritis kita. Metode cara pengajaran yang menyenangkan membuat kita selalu betah untuk masuk kelas. Kelas yang begitu kondusif dengan siswa yang dibatasi maksimal 20 siswa perkelas. Dan tak lupa adalah bagaimana tutor begitu menguasai pengucapan kata yang sudah mirip dengan orang-orang Inggris maupun Amerika.

Mungkin ada pertanyaan mendasar bagi para pembaca semua, siapakah yang bisa datang dan mengikuti berbagai program kursus di kampung Inggris ini? Semua orang bisa dating dan mengikuti kelas di lembaga kursus di kampung ini, mulai dari pelajar SD, SMP, SMA, mahasiswa, atau bahkan yang sudah bekerja. Bahkan saya pernah satu kelas di kelas public speaking dengan seorang pensiunan HRD di sebuah perusahaan besar di Indonesia. Jadi kampung Inggris terbuka untuk semua orang yang mau mendalami bahasa Inggris.

Dan untuk biaya, lembaga kursus di kampung Inggris ini masih sangat relative harganya yaitu berkisar antara 30 ribu sampai 230 ribu setiap kelas. Untuk camp atau asrama biaya berkisar antara 200 ribu sampai 350 ribu setiap bulan. Dan bagi anda yang mementingkan privasi tersedia juga kost yang tidak terikat dengan berbagai aturan dan kegiatan. Untuk biaya kost berkisar antara 150 ribu sampai 400 ribu satu bulan.

Untuk biaya makan, di kampung Inggris ini sangat terjamin harganya. Bagi anda yang tidak ribet dengan hal makanan, uang 10 ribu bisa untuk 3 kali makan. Dan bagai anda yang sedikit ribet dengan hal makanan, anda dapat memilih menu makanan yang sesuai dengan selera anda.

Dan untuk masalah transportasi dari camp atau kost ke tempat kursus, di kampung Inggris ini juga disediakan sepeda yang bisa disewa baik 2 mingguan maupun 1 bulanan. Biaya sewa sepeda ini berkisar antara 25 ribu untuk 2 minggu dan 50 ribu untuk 1 bulan.

Nah tertarikkah untuk mencoba mengunjungi kampung Inggris dan merasakan aura berbeda dari kampung lain? Silahkan mengunjungi kampung Inggris ini. Dan setiap lembaga kursus membuka program baru setiap tanggal 10 dan tanggal 25 setiap bulannya.

Incoming search terms:

  • content
  • kampung inggris wonogiri
  • letak kampung inggris di wonogiri
  • orang yang bisa diajak berbagi translate ing
  • pembagian kelas di pare
  • pesan dan kesan selama di kampung inggris
  • translate bhs inggris simpamg lima kediri

Related Posts

Comment(s) for “Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare”

  1. daffa

    Wo kampung Inggris. Kak pengajarnya di sana orang Inggris semua bukan ya? Belum pernah ke sana soalnya

  2. Kayla

    Pernah ke sana waktu liburan semester kemarin. Memang tempat terbaik pokoknya menurutku untuk belajar bahasa Inggris. Apalagi kalau pengen belajar speaking dengan baik, Kampung Inggris Pare tempatnya

  3. bisa lihat program2 @elfastcourse http://elfast-pare.com/ di bs daftar online juga ya untuk info bs juga tlp ke 0354-399844

  4. liburan sudah dekat tapi belum punya rencana…?
    mau belajar bahasa Inggris sambil liburan ?
    yuk ke Elfast Kampung Inggris tersedia berbagai Program pembelajaran bahasa Inggris : Speaking, Grammar,Translation,Writing, Pre TOEFL ITP, TOEFL ITP, TOEFL IBT, IELTS, TOEFL camp dan Camp Reguler
    Info Lebih lanjut :
    http://www.elfast-pare.com
    Jln Kemuning Tulungrejo Kampung Inggris Pare Kediri
    0354 3999844

Leave a Reply