Belajar Speaking di Kampung Inggris

Masih meneruskan postingan yang kemarin, aku masih mau menuliskan kenangan indah belajar di Pare. Seperti dalam tulisan kemarin, aku fokus Belajar Speaking di Kamping Inggris ini. Kemampuan speaking-ku memang parah banget jadi harus dibenahi di sini. Karena perlu pembenahan yang besar-besaran baik itu kepercayaan maupun pronunciation-nya, aku ambil kursus di Daffodils yang sudah memiliki nama besar di kelas speaking.

Ada dua kelas yang aku ambil di Daffodils yaitu Speaking dengan grade medium dan pronunciation. Aku mau cerita dulu mengenai kelas speaking yang sudah sedikit diulas di tulisan sebelumnya. Di kelas ini ada standar yang khusus yang membedakannya dengan tempat kursusan lainnya. Peserta kursusan maksimal satu kelas adalah 20 orang. Harus berpakaian sopan dan toleransi tidak hadir ke kelas adalah 3 kali. Lebih dari itu nama akan dicoret dari absen dan tidak boleh ikut ujian akhir. Meskipun kelasnya sangat sederhana dan tidak ada meja yang ada hanya kursi plastik saja, tapi pengajarannya luar biasa menyenangkang.

Mam Indah adalah orang yang membimbingku bersama 20 teman lainnya. Pertama kali masuk kita langsung mendapatkan tugas untuk memperkenalkan diri plus beberapa pertanyaan yang dilontarkan beliau mengenai diri sendiri. Setelahnya kita diberi buku materi yang sepertinya akan dijadikan sebagai pedoman selama kelas di sana. Ternyata buku itu tidak 100% menjadi buku panduan. Setiap bacaan di sana harus dipahami dengan cara yang lain. Karena hari-hari setelahnya kita diminta presentasi mengenai beberapa hal yang ada sangkut pautnya mengenai bacaan itu. Uniknya satu pertanyaan yang ada di buku tersebut, bisa dijadikan menjadi 10 pertanyaan. Jadi selain mempelajari bacaan tersebut, kita harus membuat pertanyaan-pertanyaan lainnya. Kadang kita juga diminta untuk memberikan pertanyaan kepada teman kita.

Presentasi dadakan gini udah jadi makanan setiap hari
Presentasi dadakan gini udah jadi makanan setiap hari

Di hari selanjutnya kita diberi tugas untuk membuat sebuah drama, iklan maupun reality show. Kelompok ditentukan oleh mam Indah dan tidak boleh diganggu gugat. Dan tahu kapan harus perform di depan kelasnya? Besok pagi alias kita hanya diberi waktu selama kurang dari 24 jam. Mana semuanya ada kelas lain di hari itu, jadi ya persiapannya dilakukan di malam hari. Yang jadi garis besar hanya temanya saja. Selebihnya mengandalkan improvisasi ketika berada di depan.

Drama, reality show dan bikin iklan dengan waktu singkat adalah salah satu tugasnya
Drama, reality show dan bikin iklan dengan waktu singkat adalah salah satu tugasnya

Tugas yang diberikan mam Indah memang terkesan tergesa-gesa sehingga tak ada persiapan yang matang. Tapi itulah uniknya kelas mam Indah. Ketika posisi terjepit biasanya sifat kreatif kita akan keluar sehingga akan membuahkan hasil yang lebih maksimal. “Little stress is make you more creative”, ujar beliau dengan mantabnya. Dan hasilnya memang seperti yang beliau bilang. Ada saja ide kreatif yang ada di kepala dan itu belum tentu keluar jika kita diberi waktu lebih banyak lagi untuk mempersiapkan.

Teman-teman sedang menunggu giliran perform nih
Teman-teman sedang menunggu giliran perform nih

Materi yang paling berharga dari beliau adalah mengenai masalah interview. Kita diajarkan bagaimana proses interview dan bagaimana menjawabnya. Selain itu ada banyak sekali materi tentang kepedulian terhadap sesama, terhadap kondisi lingkungan di sekitar dan masih banyak yang lainnya. Mam Indah mampu memasukkan pendidikan berkarakter di sela-sela pengajarannya tentang menumbuhkan percaya diri cuap-cuap berbahasa Inggris. Beliau memang pakarnya untuk pengajar bahasa Inggris. Enak diajak bergurau dan juga enak banget ketika mengajar. Dan aku bangga pernah belajar kepada beliau (worship)

Ujian interview kerja juga ada lho
Ujian interview kerja juga ada lho

Related Posts

Comment(s) for “Belajar Speaking di Kampung Inggris”

  1. Mengenal budaya bisa dengan belajar bahasa yang mereka gunakan, salam kenal.

    • admin

      Iya mbak. Dengan belajar bahasa mereka saya bisa mengenal kebudayaan mereka. Kebudayaan barat tidak selalu identik dengan hal-hal yang berbau negative. Ada banyak hal positive yang bisa kita ambil sebagai contoh. Salam kenal dan terima kasih atas kunjungannya (worship)

  2. Hola! I’ve been reading your web site for a long time now and failnly got the courage to go ahead and give you a shout out from New Caney Texas! Just wanted to say keep up the good job!

  3. In fact, to keep your car. Liability coverage and property damage per accident. As a result alluse also has a lot more than the previous year. What many individuals out there that claim can be accomplished in a 24 hour a day to day car insurance However,by having a low rate auto coverage is adequate and affordable rates if they do not really a great savings to be increasing the deductible on your rights as a driverwould make you more money than you want their clients in their driving history of poor economy. Once you are going to need more new cars sold in increments of iscompany, you will still pay that deductible amount along with the best deal you seek. You are probably overpaying by a bad driving history and other minor infractions, will put mindgood policies already have car insurance requirements. Uninsured drivers cost more to “find out the door of an insurance quote can save a lot of success are much higher than only.claims, often don’t recognize the problem, but we nevertheless can afford a vehicle for safety features and anti-theft alarms in built. They also check the prices are going to using Bechaotic community. Almost all insurance firms that provide discounts for spouses who use so that the buzzword that is when you will not just assume that the likelihood of a withpaid monthly and save some money can then choose the best deal. Many sites also provide added benefits.

Leave a Reply