Memperlancar Speaking dengan Senam Lidah

Ternyata selain senam tubuh, ternyata ada senam lidah juga lho. Kalau senam tubuh itu gunanya tentunya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Nah kalau senam lidah gunanya buat apa dong? Senam lidah itu ternyata berguna untuk melenturkan lidah kita agar mudah untuk mengucapkan berbagai kata dalam bahasa Inggris. Ya, senam ini adalah salah satu daya tarik dari tempat kursusan di Kampung Inggris Pare.

Senam Lidah itu berbeda dengan senam tubuh ya. Mentang-mentang sama namanya, lidah harus digerakin sesuai dengan instruktur senam. Senam lidah itu dilakukan dengan melatih lidah kita untuk mengucapkan sebuah kalimat yang semua kalimat di dalamnya bunyinya hampir memiliki kemiripan. Tahu sendiri kan kesusahan dalam memahami orang bule ngomong bahasa Inggris itu adalah memahami apa yang mereka ucapkan. Lidah orang Indonesia memang berbeda dengan lidah mereka. Jadi secara otomatis apa yang mereka ucapkan akan sedikit ditirukan. Begitu juga dengan mereka, akan mengalami kesulitan pengucapan bahasa Indonesia yang benar. Maka dari itu untuk belajar mengucapkan yang benar, muncullah senam lidah ini.

Senam lidah juga dikenal dengan istilah tongue twister.  Sebenarnya tongue twister ini bukan tercipta dari kampung Inggris, Pare Kediri lho. Entah datang dari mana tapi kalau di-search di youtube, banyak sekali video tongue twister dari negara lainnya. Nah, di Pare kalau kita mengambil kelas speaking atau tinggal di dormitory/camp pasti kita akan mendapatkan pelajaran ini. Waktu belajar di sana, karena tujuanku memperbaiki kemampuan speaking jadi aku ambil kelas pronunciation. Di dalam kelas ini aku mempelajari bagaimana cara membaca kata perkata dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

Teman-teman di kelas Prounciation di The Daffodils
Teman-teman di kelas Prounciation di The Daffodils

Masih satu paket dengan kelas speaking yang aku ambil di The Daffodils, aku juga mengambil kelas pronunciation di sana. Totur untuk kelas ini namanya mam Dina. Beliau ini memang pakarnya untuk cara membaca yang baik dan benar di sini. Ya, meskipun semua tutornya memang sudah benar prounciation-nya, tapi mam Dina ini yang khusus memegang kelas pronunciation. Berbeda di kelas speaking yang tugasnya selalu bikin deg-degan, di kelas pronunciation tugasnya unik dan asyik. Kita diajari untuk mengucapkan kata perkata dengan dipandu sebuah rumus. Rumus baca itu bisa ditemukan di sampul belakang kamus Oxford. Setelah mulai lancar membacanya, baru deh kita diberi tugas untuk mengucapkan apa yang ditunjukkan oleh mam Dina.

Mam Dina tutor kelas Pronunciation nih
Mam Dina tutor kelas Pronunciation di The Daffodils nih

Setelah kata perkata sudah mulai lancar, baru deh kita mulai membaca kalimat. Dalam membaca kalimat ternyata orang bule itu sering menggabungkan kata atau biasa disebut dengan connection word. Nah karena gabungan kata itulah sering kali kita tidak memahami apa yang diucapkan oleh orang bule baik itu di film, lagu ataupun bercakap-cakap dengan mereka secara langsung. Untuk memperlancar bagaimana cara mengucap kalimat dengan baik yang benar itulah akhirnya ada tugas yang unik dan bikin lidah kriting. Tugas itulah yang bernama senam lidah. Nah, bagi yang ingin belajar bagaimana senam lidah itu, di bawah ini ada beberapa kalimat yang bisa dicoba untuk senam lidah.

  1. Tuti teaches Tety ten times to try the telephone
  2. A big black bug bit the big black dog, but the big black dog bit the big black bug back
  3. If two witches would watch two watches which which would watch witch watch
  4. I saw Sussie sitting in the shoeshine shop. Where she sits she shines and where she shines she sits

Kalau bingung gimana bacanya, boleh dibuka kamus oxford. Memang kamus ini sudah menjadi rujukan bagaimana pengucapan kata yang benar. Atau bisa juga mencari videonya di youtube. Jika ada kesempatan nanti aku carikan videonya. Selamat bersenam lidah kawan semua (worship)

Incoming search terms:

  • cara melenturkan lidah
  • cara senam lidah
  • kalimat untuk senam mulut dalam bahasa inhhris
  • cara lidah bahasa inggris
  • kata bahasa inggris senam lidah
  • cara memperlancar pronunciation
  • tutorial senam lidah
  • melatih speaking dengan kalimat a big bug bag
  • lidah memperlancar inggris
  • cara melancarkan lidah dalam bahasa inggris

Related Posts

Comment(s) for “Memperlancar Speaking dengan Senam Lidah”

  1. huah.. susah banget gan ngucapinnya
    .

    • dafhy

      Emang agak susah mas. Nanti saya carikan videonya agar mudah (worship)

  2. hmm..kudu belajar boso planet kih.
    ora iso je :))

    • dafhy

      Hahahaha bahasa munafik mas omonge kancaku. Tulisane ambi mocone bedo je (headspin)

  3. Elqistia

    Gak ad kalimat senam yang lainnya ap mas?

Leave a Reply