Belajar Speaking dengan Lagu

Bahasa Inggris bisa dikatakan sebagai bahasa munafik. Kenapa aku bilang begitu, karena tulisan kata dan cara bacanya berbeda. Itulah yang sering kali membuat siswa sulit memahami pelajaran bahasa Inggris. Kesulitan akan sangat terlihat kalau sudah masuk ke masalah berbicara (speaking). Lidah mereka yang berbeda dengan lidah orang Indonesia, membuat cara pengucapan katanya berbeda.  Maka tak heran kalau ada siswa yang paham dalam membaca tulisan, tapi bingung dalam mengartikan apa yang mereka dengar secara langsung.Belajar-Speaking-dengan-Lagu

Speaking memang menjadi salah satu bagian sulit dalam belajar bahasa Inggris. Selain pengucapannya yang begitu berbeda dan sedikit kesulitan karena lidah kita, juga didasari oleh rasa percaya diri yang kurang. Ngomong dalam bahasa Indonesia saja kadang masih takut, apalagi kalau pakai bahasa Inggris. Rasa percaya diri itulah hal pertama yang harus kita miliki. Kalau rasa percaya diri sudah ada, maka kita tidak akan takut dengan kesalahan. Belajar bahasa Inggris memang gak gampang, apalagi speaking. Anak-anak saja ketika belajar bahasa asli daerah atau bahasa Indonesia pasti ada kesalahan pada awalnya, apalagi kalau belajar bahasa Inggris yang notabene bukan bahasa resmi.

Belajar Speaking dari Lagu

Sesulit apapun suatu ilmu, pasti ada cara tepat untuk bisa memahaminya. Pun juga dengan mempelajari bahasa Inggris pasti ada trik khusus. Secara pribadi sih, aku bisa belajar bagaimana pronunciation yang benar dari beberapa cara. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris adalah salah satu caranya. Secara pribadi, aku lebih mudah mengerti apa yang mereka ucapkan setelah mendengarkannya beberapa kali. Untuk latihan sih memang tidak bisa satu kali bisa memahami kata-kata yang mereka ucapkan. Perlu mendengarkan beberapa kali hingga bisa memahaminya. Ada beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mengasah kemampuan mendengarkan pengucapan kata yang tepat dari lagu.

  1. Pilih lagu yang paling disukai. Selera orang berbeda-beda ya, jadi aku tidak bisa memaksakan kehendak. Tapi kalau lagu yang mudah dipahami dalam proses belajar, lebih baik sih memilih lagu yang slow. You Raise me up-nya Josh Groban salah satu lagu yang pelan. Lagu lainnya yang bisa aku sarankan sih dari lagunya Avril dan Taylor Swift. Tapi itu tetap kembali ke selera masing-masing.
  2. Cobalah untuk mencari lirik lagunya. Lirik lagu ini bisa dijadikan acuan untuk memahami apa yang mereka ucapkan. Lirik lagu ini bisa membantu menandai bagaimana pengucapan kata perkata yang benar.
  3. Kalau sudah mulai bisa memahami kata perkata dengan benar, coba dengarkan lagu  baru dan tuliskan kembali dengan tanpa melihat lirik lagunya. Dengan cara ini, selain melatih berbicara, juga pendengaran dan menulis yang benar lho.
  4. Selain mendengarkan coba juga menyanyikan lagu itu sesuai dengan apa yang penyanyi ucapkan. Tidak perlu suara yang bagus kok untuk cara ini. Yang mau ditonjolkan itu teknik pengucapan yang benar. Jadi tidak perlu takut suaranya kurang merdu dalam menyanyikan lagu. Yang penting kita bisa mengucapkan kata perkata dengan baik dan benar.

Itu tadi beberapa trik yang sudah aku dalami dan buktikan. Meskipun aku belum bisa berbahasa Inggris dengan benar, tapi minimal sudah bisa memahami apa yang mereka (foreign) ucapkan. Selain dari lagu, kita bisa belajar speaking dari film lho. Dengan menggunakan materi yang menyenangkan pasti bisa membuat kita lebih mudah memahaminya. Cara ini juga bisa dicoba bagi guru bahasa Inggris yang sedang kebingungan untuk mengajarkan bagaimana speaking yang baik dan benar. Tapi sebelum mengajarkan ke mereka, kita harus bisa terlebih dahulu ya (worship)

Incoming search terms:

  • Materi menyanyi speaking
  • lirik lagu that should be me dan cara pengucapan bahasa inggrisnya
  • lagu yang past untuk belajar mengucap bahasa inggris
  • lagu yang cocok untuk belajar speaking
  • lagu slow buat belajar bahasa inggris
  • lagu barat yang cocok untuk speaking
  • Lagu bahasa inggris yang nyanyinya pelan
  • lagu bahasa inggris dengan pronounciation tepat
  • cerita nyepot anak abg
  • cara membaca lirik lagu rise

Comment(s) for “Belajar Speaking dengan Lagu”

  1. Koko

    Kalau saya lebih nyaman belajar dari film. Tapi agak susah juga kalau belum punya dasar pronunciation yang baik

  2. Ahmad

    Wah lagunya Josh Groban nadanya tinggi banget. Tapi memang pelan jadi sepertinya pas buat yang lagi belajar pronunciation

  3. Nadya

    Lagunya Taylor Swift sama Avril emang pas tuh buat bahan belajar. Pengucapan mereka jelas. Tapi harus dipahami connecting word-nya biar paham apa maksudnya. Beberapa lagu mereka ada yang memakainya. hehehe

  4. Ope

    belajar speaking lewat lagu emang pas

  5. kreatif juga ya mas cara ini

    saya saat ini sedang coba coba dengan berucap dengan siri, hihi

    • dafhy

      Belum punya Apple jadi belum nyoba fitur itu. Sepertinya lebih keren lagi mas, kan kalau salah mengucapkan Siri bingung jawabnya (rofl)

Leave a Reply