Pelayanan yang Lebih Baik, Harapanku untuk PLN

Sebagai sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PLN sudah beroperasi cukup lama. Usianya bahkan sama dengan kemerdekaan Republik Indonesia, 69 tahun. Tentunya di usia seperti ini, tentunya bukan usia muda lagi. Usia PLN sudah cukup matang dalam mengemban amanah dalam mengatur distribusi listrik di seluruh pelosok tanah air. Di samping itu juga, pelayanan kepada masyarakat sudah pasti mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Slogan PLN Bersih merupakan slogan yang menggambarkan sebuah perubahan pelayanan kepada pelanggan. Jika dulu untuk berurusan dengan PLN, masyarakat harus mengeluarkan uang tambahan untuk biaya tak resmi, kini hal itu mulai dihilangkan dengan program PLN Bersih-nya. Tidak berhenti sampai di situ, PLN kini juga memanfaatkan media sosial dan juga blog sebagai wadah untuk masyarakat dalam mempermudah pengaduan masalah yang mereka hadapi. Melalui akun twitter dan facebook, pihak PLN mencoba mendekatkan diri kepada pelanggan.

Harapanku untuk PLN – Pelayanan kepada Pelanggan yang Lebih Baik

 

Meskipun sudah menggunakan teknologi dalam mendekatkan diri kepada pelanggannya, menurut saya PLN masih kurang total dalam menanganinya. Memang setiap keluhan akan dibalas langsung oleh admin baik di akun twitter ataupun di halaman facebook-nya. Tapi bagaimana hasil akhirnya, tidak di-follow up kembali. Sehingga pihak PLN sendiri tidak bisa mengecek apakah permasalahan itu sudah diatasi atau belum.

Follow up seperti ini padahal sudah dilakukan oleh jasa-jasa lainnya. Operator seluler ataupun produsen elektronik, jika pelangannya mengadukan masalah yang dihadapi akan menanyakan langsung apakah konsumen sudah puas dengan pelayanan petugasnya atau belum. Memang pelanggan PLN sangat banyak jumlahnya, tapi tidak ada kata mustahil untuk melakukan hal kecil ini. Meskipun kecil, tapi pelanggan akan merasa diperhatikan dengan adanya follow up tersebut.

Tanpa adanya follow up itu, tidak sedikit keluhan masyarakat yang hanya menjadi laporan saja. sebagai contohnya saya sendiri ketika melaporkan kondisi listrik di lingkungan saya yang tidak stabil tegangannya – naik turun dengan drastis – hingga kini pihak PLN belum juga turun tangan. Padahal laporan langsung ke kantor cabang terdekat sudah saya lakukan. Tentunya pihak PLN pusat tidak ingin adanya kondisi seperti ini. Tapi itulah kenyataannya di lapangan apalagi bagi yang tinggal di daerah pedesaan, laporan tinggal laporan, ditangani atau tidak itu urusan belakangan.

Dengan adanya follow up setelah adanya perbaikan baik itu telepon atau melalui sms, sedikit banyak akan memberikan gambaran bagaimana kinerja bawahan di lapangan. Saya yakin PLN sudah bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh, tapi tidak ada salahnya jika dengan pertambahan usianya, mampu memperbaiki komunikasi antara PLN dan pelanggan. Karena saat ini produsen ataupun penyedia jasa tepatnya menggunakan komunikasi dua arah, berbicara dan mendengarkan. Dengan mendengarkan maka akan diketahui apa kelemahannya sebagai bahan untuk mengevaluasi kinerja ke depannya. Semoga PLN makin maju dan mampu memberikan kepuasan kepada pelanggannya dan mampu menerangi seluruh wilayah di nusantara.

Incoming search terms:

  • IdeKU Untuk PLN
  • abg kampung lagi ngewr ngentot
  • anak diajari ngentot

Related Posts

Comment(s) for “Pelayanan yang Lebih Baik, Harapanku untuk PLN”

  1. artikel Pelayanan yang Lebih Baik, Harapanku untuk PLN sangat menginspirasi.

    ini artikel untuk lomba blogdetik PLN itu ya?

Leave a Reply