Dunia Blogosphere yang Kembali Ramai

Ada yang ingat ada apa di tanggal 27 Oktober? Ya, betul di tanggal ini adalah Hari Blogger Nasional yang dicanangkan oleh M Nuh Menkominfo di kala itu. Dari ucapan pria yang memulai karirnya di kampus ITS ini, akhirnya membuat tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Pada waktu itu (tahun 2008-an) memang dunia blogosphere begitu ramai sehingga membuat M Nuh menetapkan hari untuk para blogger di Indonesia.hari blogger nasional

Kejadian itu memang sudah lama berlalu. Setelah pencanangan itu, ternyata dunia blogosphere mengalami pasang surut. Banyak blogger kawakan yang mulai hiatus dan sibuk dengan pekerjaannya, ada juga blogger baru semakin banyak jumlahnya. Di saat dunia blogosphere terasa sepi, gaung Hari Blogger Nasional seperti tak ada maknanya lagi. Hanya segelintir blogger yang memaknainya sebagai sebuah refleksi diri untuk tetap aktif ngeblog.

Hari ini, 27 Oktober, 7 tahun setelah dicanangkannya Hari Blogger Nasional, saya dikagetkan dengan feed yang update begitu cepat. Ternyata ada banyak kawan blogger yang kembali menulis setelah sekian lama hiatus. Kawan-kawan blogger yang masih aktifpun tak kalah semangat untuk menuliskan kesan tentang Hari Blogger Nasional ini.

Melihat betapa ramainya feed, saya mencoba blog walking ke beberapa blog. Beberapa jam saya habiskan untuk membaca berbagai macam kisah mereka. Senyum terkulum hingga tawa yang berderai menjadi penghias di saat saya membaca blog-blog keren milik kawan-kawan. Saya merasakan bahwa blogosphere kembali ramai. Ada banyak kawan blogger yang baru saya kenal di hari ini. Ternyata saya yang jarang blog walking sehingga membuat saya merasa di blogosphere yang ternyata ramai. Meninggalkan jejak sudah pasti saya lakukan, tapi untuk kawan-kawan dengan blog wordpress.com, maaf saya tidak bisa meninggalkan jejak karena kesulitan untuk meninggalkan komentar.

Selamat Hari Blogger Nasional kawan, semoga semangat berbagi tetap terpupuk dengan baik (worship)

Incoming search terms:

  • FRN PONOROGO 2016 PB JEBENG

Comment(s) for “Dunia Blogosphere yang Kembali Ramai”

  1. selamat hari blogger nasional mas,
    jujur walau saya sudah lama ngeblog baru kali ini saya dengar tentang hari blogger nasional :D

  2. Selamat hari blogger juga dafhy ^^
    Suka deh ama taglinenya :)

    • dafhy

      Selamat hari blogger juga mbak Shinta, suatu kehormatan nih blog abal-abal begini dikunjungi blogger hebat seperti mbak Shinta. Berbagi memang tak pernah rugi kan mbak? (worship)

    • If time is money you’ve made me a weahltier woman.

  3. Cek komen mobile sukses :D

  4. semoga tambah rajin ngeblog..
    bukan hanya saat merayakan hari blogger nasional saja hehehe :D

Leave a Reply