Trik Menjadi Travel Writer ala Gol A Gong

Siapa sih yang tidak kenal dengan penulis hebat satu ini? Gol A Gong adalah nama penanya, seorang mantan wartawan yang kini fokus menjadi seorang penulis serta menciptakan rumah dunia, di mana anak-anak dapat belajar bebas mengenai berbagai hal. Di rumah dunianya lah muncul banyak sekali bakat terpendam dari mereka masyarakat kecil yang termarjinalkan.

Selasa, 29 Oktober kemarin, Gol A Gong mengadakan sebuah workshop dengan tema travel writing yang diadakan di gedung PGRI Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Acara ini termasuk ke dalam perjalanannya mengunjungi berbagai Taman Baca Masyarakat (TBM) dari Anyer hingga Tapal Kuda Panarukan.Sebuah event yang langka dapat bertemu dengan beliau, jadi tidak saya lewatkan acara ini karena pria nyentrik ini adalah seorang pria yang sudah berkeliling ke berbagai dunia dan perjalanan itu sudah ia rangkum dalam beberapa buku. Honeymoon ala Backpacker adalah salah satu buku tentang traveling yang saya sukai.

Gaya santai mas Gol A Gong ketika berbagi ilmu
Gaya santai mas Gol A Gong ketika berbagi ilmu

Pada kesempatan itu, pria berdarah Sunda ini menjelaskan apa itu travel writer dan bagaimana cara menjadi seorang travel writer. Bagi Gol A Gong, travel writer merupakan sebuah aktivitas perjalanan yang akan langsung dituliskan kisahnya dalam sebuah catatan. Catatan itulah yang akan diterbitkan ke koran, majalah, website ataupun blog pribadi. Jadi seorang travel writer itu haruslah menuliskan pengalamannya sendiri ketika melakukan perjalanan dan bukan menulis ulang pengalaman perjalanan seseorang dari depan komputer di rumahnya.

Ada banyak hal yang bisa ditulis oleh seorang travel writer. Bagai sebuah kamera, seorang travel writer bisa membidik berbagai hal yang ada di depannya menjadi sebuah tulisan. Jadi tidak ada kata habis untuk mengulas suatu hal bagi seorang penulis perjalanan. Contoh hal yang bisa ditulis adalah pengalaman perjalanan, tempat wisata, tempat penginapan, wisata kuliner, ragam budaya, adat istiadat, transportasi menuju lokasi wisata dan lain sebagainya.

Dari Gol A Gong, ada 5 langkah buat kamu yang ingin menjadi seorang travel writer. Langkah-langkah itu tidak sulit kok, dan inilah 5 syarat menjadi travel writer ala Gol A Gong:

Pertama bacalah literature terlebih dahulu sebelum menentukan perjalanan wisata. Membaca literature ini penting karena kita bisa mendapatkan gambaran bagaimana lokasi yang akan kita tuju. Dengan adanya sedikit gambaran itu, kita bisa merencanakan lokasi wisata mana saja yang ingin kita tuju, atau apa saja informasi yang ingin kita gali.

Kedua, bergabunglah dengan group backpacker. Bagi seorang travel blogger, bergabung dengan group backpacker akan memberikan banyak keuntungan karena akan dapat membuat kita mudah mendapatkan informasi. Percayalah dengan berlibur ala backpacker akan membuatmu begitu banyak menemukan hal-hal yang tidak akan kamu temukan jika berlibur seperti biasanya. Jadi segera cari group backpacker di kotamu dan bergabunglah di dalamnya.

Ketiga, cek kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Perjalanan wisata ala backpacker memang tidak mudah karena semuanya kita persiapkan sendiri. Jadi persiapkan fisik yang prima agar tidak sakit di tengah jalan. Jauh dari orang-orang terdekat, tentunya akan terasa menyiksa kalau harus sakit. Jadi pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima. Kalau perlu persiapkan fisik jauh-jauh hari dengan banyak melakukan aktivitas olahraga.

Keempat, tuliskan apa saja yang ditemukan di dalam perjalanan saat itu juga. Boleh juga setelah menemukan waktu luang, kamu langsung menuliskan apa yang kamu temukan di dalam perjalanan. Misalnya menemukan budaya membaca di dalam MRT di Singapura yang ternyata menyimpan kisah unik di dalamnya.

Kelima, posting cerita itu ke blog, website atau submit ke media lainnya. tentunya lakukan editing terlebih dahulu tulisan awal di langkah keempat tadi. Perjalanan yang rasanya hanya sederhana saja, bisa jadi sangat dibutuhkan orang lain jika kita bisa membaginya. Apalagi kalau bisa ditulis dalam dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris akan dapat membantu menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia lho.

Para peserta yang serius mendengarkan
Para peserta yang serius mendengarkan

Menjadi travel writer itu menyenangkan, selain mendapatkan pengalaman kamu juga bisa berbagi informasi kepada khalayak ramai, syukur-syukur kalau reportasemu menarik dan dikontrak media besar seperti mas Gol A Gong ini. Ternyata perjalanan wisata ke beberapa negara yang dia lakukan itu dibiayai oleh media-media besar lho. Menghasilkan uang sambal berlibur? Siapa yang tak mau. Jadi siapkah kamu jadi seorang travel writer? Yuk dimulai dari yang terkecil dahulu, seperti melakukan perjalanan di tempat wisata di kota sendiri. Tidak perlu jauh-jauh kok perjalanan yang dilakukan untuk menjadi seorang travel writer (worship)

Comment(s) for “Trik Menjadi Travel Writer ala Gol A Gong”

  1. tips-tipsnya menarik nihh..
    *langsung piknik*

  2. Aku juga mas, pengen piknik :D

Leave a Reply