Apakah Keuntungan Dan Kerugian Membangun Rumah Sendiri?

rumahHidup memang tidak bisa terlepas dari yang namanya sebuah pilihan. bahkan ketika kita tidak memilih pun itu adalah sebuah pilihan. Pilihan sebaik apapun pasti memiliki keuntungan dan resikonya, tetapi kita dapat memilih manakah yang keuntungannya jauh lebih banyak dan resikonya lebih minim. Salah satu hal yang membuat kita bingung adalah memilih untuk membangun rumah sendiri atau membeli rumah jadi. Karena pilihan tersebut sama sulitnya seperti memilih pekerjaan. Berkaitan dengan kenyamanan dan ketenangan. Pekerjaan yang cocok dengan passion kita akan membuat kita merasa nyaman bekerja dan tidak akan mengeluh, sama seperti memilih rumah apakah membeli atau membangun? Pada bahasan kali ini kita akan membahas tentang keuntungan dan kerugian saat membangun rumah sendiri. Untuk itu kita simak penjelasannya di sini.

Keuntungan membangun rumah sendiri luas bangunan dan desain rumah dapat disesuaikan dengan konsep yang kita inginkan. Rumah sebagai tempat tinggal kita tentu haruslah yang membuat kita nyaman dan sesuai dengan apa yang kita idamkan sehingga dengan begitu kita selalu rindu untuk segera pulang ke rumah. Selain itu kita bisa menghemat biaya sesuai dengan budget yang dimiliki. Ini dapat meminimalisir biaya jika kita berkonsultasi dengan jasa arsitek dalam memilih bahan bangunan, pemilihan furniture, dan lain sebagainya.

Adapun kerugian yang mungkin terjadi ketika kita membangun rumah yaitu seperti proses legalitas seperti IMB dan keabsahan sertifikat sangat rawan dan beresiko jika tidak diurus  oleh orang yang professional, selain itu juga potensi rugi seperti waktu dan biaya selama proses pembuatan rumah mulai dari perizinan, biaya konstruksi, dan jasa penyewaan arsitek. Hal ini yang perlu dipertimbangkan pada saat akan membangun rumah. Intinya selalu komunikasikan dengan keluarga dalam pengambilan keputusan sebab rumah bukan hanya akan kita sendiri yang menempati tetapi anggota keluarga pun harus ikut dilibatkan. Selalu pilih yang memiliki keuntungan lebih banyak dan kerugian maupun resiko yang paling minim.

Related Posts

Comment(s) for “Apakah Keuntungan Dan Kerugian Membangun Rumah Sendiri?”

  1. Bangun sendiri sih lebih biasa pilih model enaknya
    Motivator Semarang

Leave a Reply