2 Faktor Harga Properti Naik Terus

rumahHarga properti terus melonjak seiring waktu. Bahkan ada orang yang berpendapat bahwa harga properti tidak pernah turun, sehingga sangat menjanjikan untuk investasi. Liat saja, harga rumah di jual di jakarta misalnya, dahulu, rumah yang dijual dengan harga Rp 300 jutaan setelah 3-5 tahun bisa berharga Rp 450 hingga Rp 500 jutaan.

Hal ini tentunya membuat masyarakat bertanya, apakah yang membuat harga rumah atau properti kerap naik bahkan tidak mau turun? Karena dengan adanya fenomena ini, tentunya masyarakat dengan  penghasilan rendah akan kesulitan untuk dapat membeli rumah. apalagi, kenaikan harga properti bisa mencapai angka 15 hingga 30 persen per tahunnya.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan harga properti cenderung terus naik. Tapi setidaknya, ada dua hal yang menjadi faktor utama terus meroketnya harga properti di Indonesia. Hal tersebut adalah inflasi dan tingginya permintaan.

Inflasi

Dengan tingginya angka inflasi di Indonesia, hal ini akhirnya memicu harga properti juga ikut terus-terusan naik. Karena inflasi yang tinggi, mata uang melemah dan daya beli masyarakat pun ikut menurun. Namun di sisi lain, harga-harga material meningkat, kebutuhan para pekerja di sektor properti juga ikut meningkat. Maka pengembang pun akhirnya juga harus berkompromi dengan cara menaikkan harga rumah.

Inilah yang harus diperhatikan oleh para calon pembeli properti. Apakah properti tersebut layak dijadikan investasi sehingga tidak ikut-ikutan turun ketika harga lain naik.

Permintaan yang Tinggi

Faktor lain yang memicu naiknya harga properti adalah tingginya permintaan dari masyarakat akan hunian. Hal ini karena terus bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia. Hal ini akhirnya meningkatkan permintaan akan hunian di Indonesia, padahal, jumlah lahan yang ada terbatas.

Hal ini telah disiasati dengan pembangunan rusun, apartemen, dan hunian vertikal lainnya. Hanya saja, hal tersebut masih akan terus terjadi jika memang laju pertumbuhan di Indonesia terus melonjak.

Pemerintah belakangan telah meluncurkan program sejuta rumah untuk rakyat untuk menjawab besarnya kebutuhan masyarakat tersebut. Harapannya, dengan program ini, harga hunian layak untuk masyarakat dapat ditekan laju kenaikannya.

Leave a Reply