Tips Memilih Stroller Bayi

Foto Flickr
Foto Flickr

Stroller atau yang biasa dikenal dengan sebutan kereta bayi, merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki oleh para orang tua. Stroller bayi bisa digunakan sampai anak berumur 3 atau 4 tahun, oleh karena itu para orang tua harus pintar memilih stroller yang bagus agar terus awet dan bisa dipakai lagi nantinya.

Saat ini banyak toko perlengkapan bayi yang menyediakan berbagai macam bentuk stroller bayi, selain itu beberapa toko juga berlomba-lomba menjual stroller bayi dengan harga yang murah. Namun hal yang perlu diperhatikan oleh para orang tua adalah faktor keamanan dari stroller yang akan dibeli. Selain design dan harga yang murah, kalian juga perlu memperhatikan tingkat keamanan dari stroller yang akan dibeli. Berikut ini beberapa faktor keamanan yang perlu diperhatikan saat akan membeli stroller bayi.

  • Cek rem dan keseimbangan pada stroller. Beberapa stroller memiliki rem yang dapat mengunci kedua ban belakang stroller sekaligus. Pilihlah rem stroller yang menurut kalian lebih mudah serta tidak mudah dijangkau oleh tangan sikecil. Kemudian periksa juga kestabilan dari stroller tersebut, jangan sampai stroller kalian terguling hanya karna terlalu banyak barang yang menggantung pada pegangan stroller.
  • Periksa model sabuk pengaman yang menempel pada stroller. Beberapa stroller memiliki sabuk pengaman dengan 3 atau 5 titik, jika si kecil memang sangat aktif pilihlah sabuk dengan 5 titik. Sabuk dengan 5 titik akan membuat si kecil lebih aman berada di dalam stroller.
  • Kalian bisa mencoba mendorong stroller untuk memastikan kenyamanan pada saat membawa stroller berpergian.
  • Sesuaikan batas berat badan yang tertera di stroller dengan sikecil. Batas berat badan ini berguna untuk menjaga kestabilan stroller tersebut.
  • Pastikan tinggi pegangan stroller sesuai dengan postur tinggi badan kalian. Ada baiknya mencari stroller dengan peganggan yang bisa diatur tinggi rendahnya, untuk memudahkan kalian dalam mendorong stroller tersebut.
  • Pilih stroller yang memiliki kanopi sebagai penghalang sinar matahari dan hujan. Selain itu pastikan kanopi tersebut mudah di lepas agar mudah dibersihkan.
  • Pastikan kursi yang ada dapat disesuaikan dengan posisi si kecil. Biasanya bayi yang masih berumur dibawah 6 bulan, masih belum kuat untuk menopang kepalanya sehingga perlu membuat posisi kursi stroller sedikit berbaring.

Memiliki stroller sebenarnya sangat membantu mobilitas para orang tua, selain tidak perlu repot menggendong si kecil dengan membawa stroller orang tua akan lebih mudah mengajak si kecil pergi.

Related Posts

Leave a Reply