Tips Memaksimalkan Kamera DSLR Murah

Selfie, wefie, atau apapun istilahnya banyak dari kita pasti sering melakukannya. Apalagi kalau suka jalan-jalan, pasti memori kameranya ada banyak fotonya. Berwisata tanpa berfoto ria kurang afdol rasanya. Ada yang bilang juga kalau kita pergi ke suatu tempat tapi gak ada fotonya itu hoax.

Kamera ponsel, kamera mirrorless, hingga kamera DSLR sering kita gunakan untuk mengabadikan momen. Ketiga alat tadi pastinya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang cukup pakai kamera ponsel, tapi juga ada yang perlu bawa kamera mirrorless atau DSLR. Kamera mirrorless atau DSLR bisa jadi pilihan kalau kamu ingin dapetin gambar yang lebih bagus. Bukan berarti kamera ponsel kurang bagus ya, tapi kamera pro akan menghasilkan foto yang lebih detail.

Kamera mirrorless dan DSLR memang bisa jadi pilihan tepat. Tapi harganya cukup mahal. Ada beberapa kamera DSLR murah tapi spesifikasinya kalah sama harga di atasnya. Sebenarnya itu bukan jadi alasan kekhawatiran kalau nanti hasil fotonya kurang bagus. Kamera hanya sebagai alatnya saja dan bukan penentu segalanya. Faktor penentu baik tidaknya gambar yang dihasilkan, ya siapa yang memegang kamera itu.

“Man, behind the gun” istilahnya. Sebaik apapun alatnya, kalau kita gak bisa menggunakannya, ya akan menghasilkan foto yang biasa. Sebaliknya, kalau kita bisa memaksimalkan alat yang ada, kamera murahpun bisa menghasilkan foto yang luar biasa. Jadi kalau kamu punya kamera yang menurutmu murahan, coba upgrade pengetahuanmu biar kamera murah itu bisa kamu maksimalkan penggunaannya. Tips di bawah, bisa kamu pergunakan untuk menambah ilmumu.

Tips Memaksimalkan Kamera DSLR Murah

Pahami Kameramu

Ada banyak merk kamera DSLR. Setiap merk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Pahami aspek-aspek itu. Jadi kamu bisa memaksimalkan kelebihan kameramu agar foto yang kamu hasilkan bagus.

Pahami Fitur Kamera

Kamera DSLR dibekali fitur yang lengkap. Kamu bisa mengatur sendiri ISO, white balance, shutter speed dan diafragma kalau kamu menggunakan mode manual. Istilah-istilah tadi memiliki fungsi sendiri untuk menghasilkan gambar. Pahami terlebih dahulu bagaimana mengatur fitur itu sesuai dengan tipe kameramu.

Asah Instingmu

Foto yang keren bisa didapatkan dengan pengambilan gambar yang tepat. Bisa dapetin momen yang tepat ini biasanya yang perlu waktu sedikit lebih lama. Kamu bisa mengamati foto-foto orang lain. Bisa follow akun Instagram fotografer yang menurutmu keren, lalu pelajari foto yang mereka unggah. Jangan lupa untuk selalu mencoba. Kalau tidak mau mencoba, ya pasti tidak akan bisa. Praktek, praktek dan praktek.

Pahami Komposisi

Cantik tidaknya gambar, bukan hanya dipengaruhi obyek utamanya. Aspek lain juga perlu diperhatikan. Jadi pahami betul apa itu komposisi gambar. Obyek yang difoto bagus, waktu pengambilan gambar tepat, tapi komposisi gambar tidak diperhatikan, fotomu tidak akan terlihat menarik. Belajar komposisi bisa diasah sama seperti melatih insting. Perbanyak melihat hasil karya fotografer lain. Jangan lupa juga untuk berlatih terus menerus.

Pahami Pencahayaan

Pencahayaan tidak bisa dilupakan karena menjadi faktor penting bagus tidaknya foto yang dihasilkan. Tanpa cahaya yang baik, gambar bisa terlalu gelap atau bisa juga terlalu terang (over exposure). Pelajari bagaimana meletakkan cahaya di foto kita. Cahaya bisa berarti cahaya alami dari matahari atau bulan, bisa juga cahaya dari kamera flash. Kamu bisa belajar dari melihat karya orang lain dan juga sering-sering praktek.

Kunci utamanya tentu praktek. Kalau hanya banyak membaca saja tanpa mau praktek, ya percuma. Semakin banyak ilmu yang kita dapatkan, kamera DSLR murahpun bukan menjadi kendala untuk menghasilkan gambar yang menawan.

Incoming search terms:

  • memaksimalkan kamera murah

Related Posts

Comment(s) for “Tips Memaksimalkan Kamera DSLR Murah”

  1. Saya punya DSLR tapi fiturnya banyak yg belum paham trims pencerahannya

  2. Yap betul sekali,kita harus tau dulu kamera dan fitur kamera kita.jika kita sudah paham kita akan lebih mudah dan cepat dalam mengoperasikan.
    Dulu pas msh baru belajar sama temen, disuruh belajar belajar rule of third, titik, garis dan pola, komposisi dll.
    Selalu belajar belajar dan belajar 😀

Leave a Reply