Mengenal Bagian Kamera SLR

Bagi seorang fotografer menggunakan berbagai jenis kamera merupakan hal yang wajar dan telah menjadi santapan keseharian mereka. Hampir semua jenis kamera telah mereka kuasai cara penggunaannya. Namun bagi mereka yang bukan berprofesi sebagai fotografer, tetapi memiliki hobi dalam bidang pengambilan gambar ini, tak ada salahnya Anda untuk menggunakan jenis kamera yang satu ini. Dengan ketajaman gambar yang dapat dibidik oleh kamera ini, seorang pemula dalam dunia fotografi pun, mampu menghasilkan bidikan gambar dengan kualitas yang tinggi. Kamera SLR memang mudah untuk digunakan bagi siapapun yang menyenangi hobi fotografi.

Untuk menjalankan kamera jenis single lensa ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenal tombol-tombol dan fungsi yang terdapat pada kamera tersebut. pada umumnya jenis kamera ini memiliki tombol yang serupa untuk setiap mereknya. Yang menjadikan bagian kamera tersebut berbeda dari satu merek dan merek yang lainnya adalah fitur yang terdapat didalam masing-masing kamera. Pengenal tombol pada kamera dan fungsinya ini, ditujukan agar nantinya para pemula tidak asal pencet, sehingga dapat mengakibatkan kesalahan yang fatal pada kamera tersebut.

Berikut ini bagian- bagian penting yang terdapat pada sebuah kamera SLR, yang perlu diketahui oleh seorang pemula, yang antara lain adalah:

  • Flashlight, yang merupakan bagi utama pada kamera yang berfungsi untuk memberikan penerangan. Bagian ini akan secara otomatis dapat menyala, jika para penggunanya memilih mode otomatis. Namun jika para pengguna mengatur mode manual, maka flashlight akan keluar sesuai dengan pengaturan yang dilakukan oleh penggunanya.
  • Monitor, merupakan bagian kamera yang berfungsi sebagai layar tampilan untuk gambar yang akan dibidik serta gambar hasil bidikan. Pada display ini, juga akan ditampilkan berbagai fitur yang mungkin dapat dipilih oleh para pengguna kamera.
  • Shutter, merupakan bagian terpenting dari sebuah kamera yang berbentuk tombol serta memiliki fungsi sebagai tombol pembidikan gambar, pada umumnya tombol ini akan berbentuk lebih besar dari tombol lainnya, sehingga mudah dikenali para pengguna kamera.
  • Lensa kamera, yang merupakan bagian paling depan dari kamera dan berfungsi sebagai mata kamera yang mampu memberikan efek pada hasil bidikan.

Selain bagian utama tersebut diatas, terdapat bagian-bagian lain, yang biasanya berbentuk tombol dengan fungsinya masing-masing seperti tombol menu yang berfungsi untuk menampilkan berbagai menu fitur yang terdapat pada kamera. Tombol flash yang merupakan bagian untuk mengaktifkan flashlight secara otomatis, tombol lensa yang berfungsi untuk melepas dan memasang lensa pada kamera sesuai dengan peruntukkannya.

Bagian tombol yang tak kalah penting dari sebuah kamera digital adalah tombol navigasi, tombol ini memiliki fungsi sebagai pengendali kamera, saat melihat hasil bidikan yang telah diperoleh sebelumnya. Tombol ini terdiri dari beberapa 3 bagian yaitu tombol scroll, analog dan tombol yang memiliki 4 arah keatas, bawah, kanan dan kiri. Selain untuk melihat hasil bidikan, pada umumnya tombol ini juga berfungsi sebagai tombol navigasi dalam pemilihan menu yang ditampilkan pada monitor kamera.

Setelah mengenal bagian-bagian penting dalam kamera SLR, ada baiknya sebagai pemula Anda meminta bantuan para senior Anda untuk mengenalkan cara pembidikan gambar dengan berbagai angle. Selain sebagai sebuah pembelajaran, langkah ini sangatlah efektif untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan kamera. Berlatih lah selama Anda memiliki waktu luang dan lakukan terus secara rutin, hingga kualitas hasil bidikan Anda akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Untuk mendapatkan kamera SLR maupun DSLR, langsung saja buka di link toko online tersebut.

Related Posts

Leave a Reply