4 Museum di Yogya yang Wajib Kalian Kunjungi

Photo credit: panduanwisatajogja.com

Memiliki pesona keramahan penduduk dan juga puluhan lokasi wisata, memang tidak salah kalau kota Yogyakarta kalian jadikan sebagai tempat tujuan backpacking kalian selanjutnya. Memang tidak pernah ada yang berubah dari suasana Kota Yogyakarta meskipun pembangunan hotel di Yogyakarta dan pembaruan dari kota ini terus terjadi dan semakin bertambah. Selain memiliki banyak tempat wisata, biaya hidup yang serba murah di lokasi ini tentu membuat tidak ada satu orang pun yang bisa menghindari magnet atau pesona dari Kota Yogyakarta ini.

Banyak hal yang bisa kalian kulik di dalam Kota Yogyakarta, mulai dari wisata, sejarah, kesenian, tradisi, dan juga budayanya. Tapi dari semua hal yang bisa kalian temukan di Yogyakarta, apakah pernah salah satunya kalian dapati dari kunjungan kalian ke museum yang ada di seluruh penjuru Yogyakarta? Kalau belum, berikut rekomendasi wisata museum di Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi.

Museum Ullen Sentalu

Inilah salah satu museum terbaik dan wajib kalian kunjungi ketika berada di Yogyakarta. Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang menampilkan beragam kebudayaan dan juga kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram. Di museum yang terletak di Jalan Boyong, Taman Wisata Kaliurang ini kalian juga bisa melihat berbagai koleksi batik khas Yogyakarta dan juga Surakarta. Nama Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari ‘ULating bLENcong SEjatine TAtaring LUmaku’ yang memiliki arti, ‘Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan.’

Di Museum yang memiliki arti nama yang mendalam ini, para pengunjung juga bisa melihat seperangkat musik Gamelan yang tersimpan rapi dalam Goa Selo Giri atau sebuah goa buatan dalam museum ini yang menembus ke bawah tanah. Kalian juga bisa masuk ke dalam ruangan yang bernama Ruang Putri Dambaan untuk melihat koleksi barang-barang milik Putri tercantik dari Dinasti Mataram yang bernama Gusti Nurul Koesoemawardhani. Lalu kalian juga bisa memasuki ruangan yang bernama Ruang Sasana Sekar Bawana untuk melihat lukisan Raja Mataram serta patung yang dirias khas pengantin Jawa.

Tidak sampai disitu, Museum Ullen Sentalu ini juga memiliki keunikan lain yakni bentuk bangunan yang dirancang mirip dengan kastil Eropa bergaya gothic, sehingga terlihat cukup nyentrik atau berbeda dengan bentuk bangunan museum di Yogyakarta lain yang lekat dengan arsitektur Khas Jawa. Berada di kawasan wisata Kaliurang atau kaki Gunung Merapi, kalian tidak perlu khawatir untuk kesulitan menemukan tempat penginapan, karena tidak jauh dari museum ini kalian bisa menemukan beragam jenis hotel di Yogya yang bisa kalian pesan lengkap dengan suasana sejuk khas kaki gunung.

Photo credit: beritadaerah.co.id

Museum Affandi

Siapa yang tak kenal Affandi? Sang maestro lukis kontemporer dunia asal Indonesia yang namanya terus melegenda hingga saat ini. Khusus kalian yang gemar dengan seni lukis, kalian bisa mengunjungi Museum Affandi yang ada di Yogyakarta untuk melihat sebagian besar lukisan terbaiknya dipamerkan. Sama-sama termasuk museum terbaik, Museum Affandi terletak di Jalan Laksda Adisucipto 167 atau di Jalan Solo, Kota Yogyakarta dan Affandi sendiri yang mendesain museum ini untuk mengenang beberapa karya besarnya.

Sebelum wafat, museum ini juga merupakan tempat tinggal Sang Maestro pada tahun 1990. Kompleks Museum Affandi ini berdiri di tanah seluas 3.500 meter persegi dan memiliki tiga buah galeri, bangunan pelengkap, dan bangunan rumah tempat tinggal Affandi bersama keluarga. Tidak heran kalau kalian juga bisa melihat beberapa koleksi peninggalan lain seperti mobil customized Colt Galant tahun 1976 yang digunakan semasa hidupnya.

Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta merupakan museum batik pertama yang ada di Yogyakarta dan didirikan oleh Hadi Nugroho pada tahun 1977. Museum yang bergabung dengan Hotel Museum Batik Yogyakarta ini menyimpan lebih dari 1.200 koleksi perbatikan. Koleksi tersebut terdiri dari 500 lembar kain batik tulis, 560 batik cap, 124 canting, wajan, bahan pewarna, dan juga malam.

Beberapa koleksi batik yang terkenal di museum yang terletak di Jalan Dr. Sutomo Kota Yogyakarta ini antara lain Kain Panjang Soga Jawa (1950-1960), Kain Panjang Soga Ergan Lama, Sarung Isen-isen Antik (1880-1890) buatan Seorang Nyonya Belanda bernama EV Zeuylen dari Pekalongan, dan Sarung Panjang Soga Jawa (1920-1930) buatan Nyonya Lie Djing Kiem dari Yogyakarta. Tidak hanya batik, di museum ini kalian juga bisa melihat koleksi lain seperti Sulaman tangan karya Ibu Dewi Sukaningsih yang merupakan istri dari Bapak Hadi Nugroho. Ia membuat sulaman wajah Paus Yohanes Paulus II, Bunda Teresa, Pangeran Diponegoro, dan Sultan Hamengkubuwono IX yang sangat mirip dengan foto aslinya.

Museum Sonobudoyo

Khusus untuk kalian yang ingin mengetahui atau tertarik dengan Keris Jawa, kalian bisa menemukan sejarah panjang tentang Keris ini di Museum Sonobudoyo. Tidak hanya keris, museum yang terletak di Jalan Pangurakan No.6, Gondomanan Kota Yogyakarta ini juga menyimpan beragam benda-benda dari jaman dulu. Koleksi tersebut sebagian besar merupakan artefak seperti arca, keramik, gerabah, senjata tradisional, dan masih banyak lagi. Meskipun semua benda-benda tersebut bisa kalian pelajari melalui buku, tetapi dengan mempelajarinya langsung di museum akan terasa lebih menyenangkan, bukan?

Nah, itulah beberapa museum terbaik di Yogyakarta yang wajib kalian kunjungi. Selain memiliki wisata alam dan budaya, Yogyakarta juga memiliki wisata sejarah yang tidak kalah seru untuk dikunjungi. Apalagi objek wisata museum di atas terletak di lokasi yang tidak jauh dari kawasan hotel di Yogya, tidak ada alasan lagi deh buat kalian untuk malas belajar sejarah di Kota Pelajar ini.

Leave a Reply