Pinjam Dana tanpa Ribet dengan Aplikasi Indodana

Fintech, sebuah istilah yang disingkat dari kata ‘financial’ dan ‘technology’, yang mempunyai arti sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan.  Dunia teknologi di era saat ini menjadikan kehidupan dan aktivitas masyarakat menjadi lebih mudah dan efektif dikarenakan segala sesuatu yang digital.

Saat ini tercatat sudah ada 117 perusahaa startup, 23 lembaga keuangan dan 7 mitra asosiasi yang terdaftar di situs fintech.id yang bekerja sama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).  Kehadiran Financial technology di Indonesia sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat saat ini.  Financial technology juga memberikan banyak manfaat di lingkungan masyarakat, salah satunya yaitu, layanan pinjaman dana.  Saat ini sudah ada beberapa financial technology yang sedang berkembang di Indonesia, para pelaku financial technologi ini saling berlomba untuk memberikan kemudahan bagi calon nasabahnya dalam meminjam dana.  Bahkan dengan kemajuan perkembangan teknologi saat ini, memungkinkan Anda untuk mengajukan pinjaman dana hanya dengan mengoperasikan aplikasi melalui ponsel pintar.

Memang benar adanya bahwa kondisi keuangan siapa saja bersifat misteri, terkadang disaat sedang mempunyai cukup dana simpanan, tiba-tiba ada saja hal tak terduga yang membuat Anda membutuhkan dana yang lebih besar untuk membayar sesuatu.  Hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan jasa penyedia pinjaman mengambil peranan penting bagi kehidupan masyarakat.

Berkaitan dengan itu, kali ini Kita akan membahas salah satu financial technology yang memberikan pinjaman dana melalui aplikasi smartphone, aplikasi ini adalah apk pinjaman online Indodana.  

Indodana adalah sebuah platform fintech yang didirikan pada November oleh PT Artha Dana Teknologi dengan tujuan memberikan kemudahan pada layanan keuangan bagi masyarakat Indonesia.  Indodana jua memberikan layanan pinjaman finansial berbasis teknologi yang bisa di akses melalui smartphone.  

Seperti aplikasi pinjaman serupa, untuk mengajukan pinjaman dana pada aplikasi Indodana juga mempunyai beberapa sistem seperti:

1. Bunga Pinjaman

Serupa dengan penyedia layanan pinjaman lain pada umumnya yang membebankan bunga pinjaman kepada debitur, Indodana selaku penyedia layanan pun menerapkan hal yang sama.  Sistem pinjaman yang digunakan oleh Indodana adalah Kredit Tanpa Agunan tanpa kartu kredit. Lembaga penyedia dana biasanya menawarkan suku bunga yang berbeda satu sama lain, dan berlomba-lomba menjadi penyedia dana dengan suku bunga yang paling rendah.  Namun umumnya suku bunga KTA lebih besar dari bunga pinjaman produk kredit multi guna. Dengan sistem tidak mewajibkan nasabahnya menyiapkan agunan atau jaminan pinjaman, membuat suku bunga yang ditawarkan oleh Fintech cenderung lebih tinggi.  Namun hal ini sebanding dengan proses pencarian dana yang cepat dan risiko yang ditanggung oleh penyedia pinjaman dana, dalam hal ini risiko kredit macet atau nasabah gagal bayar.  Berbeda dengan produk kredit multi guna walau suku bunganya cenderung lebih rendah namun proses pencairan dana nya cenderung lama.

2. Persyaratan yang Mudah

Salah satu keunggulan dari mengajukan Kredit Tanpa Agunan melalui financial technology (fintech) ialah syarat yang terbilang mudah.  Inilah salah satu kelebihan fintech yang selalu di jadikan bahan promosi.  Begitu pula dengan Indodana, untuk mengajukan peminjaman dana di Indodana, syaratnya hanya Anda cukup memberikan foto kartu identitas bisa juga dengan KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan menginformasikan account dari social media yang Anda punya.  Social media memang jarang digunakan sebagai syarat pengajuan kredit, namun Indodana menggunakannya sebab guna menimbang risiko dari setiap nasabah.  Dalam hal ini yang dimaksud adalah kemungkinan nasabah mengalami kredit macet saat melakukan pinjaman. Dengan sistem yang digunakan oleh financial technologi memungkinkan penyedia layanan untuk menganalisa profil media sosial Anda.  Bila perlu jika Anda memiliki akun di e-commerce juga bisa dihubungkan agar mengetahui status ekonomi Anda.

3. Cicilan Tetap

Cicilan yang tetap adalah salah satu kelebihan yang di berikan oleh Indodana.  Tidak seperti pinjaman multi guna yang bunga nya naik turun sesuai kondisi perbankan.  Cicilan tetap ini bisa dibilang menguntungkan nasabah. Karena bunganya tidak berubah selama masa kredit.  Ini memudahkan bagi nasabah dalam menghitung jumlah cicilan, karena jumlah yang harus dibayar dari awal pinjaman hingga akhir periode pinjaman tetap.

 4. Reward Pembayaran

Selain suku bunga yang tetap dan persyaratan pinjaman yang mudah, Indodana juga memberikan reward kepada peminjam jika melakukan pembayaran selama masa cicilan tepat waktu.  Reward ini bisa diuangkan pada akhir periode cicilan.  Ini menjadi nilai plus bagi Indodana, dibandingkan mengambil kredt di jasa penyedia layanan pinjaman lain yang tidak memberikan reward.

5. Teknologi Muktahir

Mengajukan pinjaman dana ke suatu jasa penyedia layanan pinjaman, tentu kita harus memberikan data diri secara lengkap.  Jika data tersebut harus Berikutnya adalah teknologi yang digunakan Indodana sudah terbukti muktahir. Teknologi yang dimaksud adalah teknologi anti fraud.  Teknologi ini bekerja guna melindungi nasabah dari fraud dan menentukan kemampuan bayar calon nasabah. Ini merupakan sistem terbaru yang menjadi kelebihan bagi Indodana, karena Anda tidak perlu khawatir lagi untuk meminjam dana menggunakan aplikasi karena seluruh data maupun transaksi Anda tersimpan dengan aman.  

Dengan berbagai kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan oleh Indodana, menjadikannya salah satu solusi masalah keuangan yang bisa diandalkan.  Dengan menggunakan smartphone Anda sudah bisa mengajukan pinjaman dana, dimanapun dan kapanpun.  Dapatkan kemudahan dalam pinjaman dana dalam satu aplikasi dengan cara download dan install aplikasi Indodana sekarang.

Demikian ulasan mengenai aplikasi pinjaman dana Indodana, semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.