Mau Bisnis Makanan Ringan? Jenis-Jenis Makanan Ini Mungkin Bisa Jadi Pilihan

 

Untuk mendapatkan penghasilan tidak selalu harus menjadi seorang pegawai di perusahaan ataupun menjadi seorang pegawai negeri, khususnya bagi orang yang tidak memiliki pendidikan yang tinggi. Maka dari itu ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan yaitu dengan memulai sebuah usaha atau bisnis.

Makanan adalah salah satu usaha yang tidak ada matinya, bisnis makanan juga tidak selalu harus dalam bentuk restoran. Apabila Anda memiliki modal yang minim, Anda bisa mempertimabangkan mengajukan pinjaman online lewat aplikasi di ponsel Anda atau lewat bank dan bisa memulainya dari yang sederhana terlebih dahulu seperti menjalankan usaha makanan ringan. Inilah beberapa pilihan bisnis makanan ringan yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan.

  1. Bisnis Keripik Beraneka Rasa

Keripik adalah salah satu makanan ringan yang sering kali dinikmati oleh masyarakat, bahan dasar keripik pun beragam (tergantung inovasi) namun umumnya keripik terbuat dari singkong, talas, pisang, ubi, tempe bahkan ada yang berinovasi membuat keripik buah.  Sudah banyak pengusaha yang sukses melalui kegiatan bisnisnya dalam memproduksi keripik dalam jumlah besar, namun untuk sukses tidak semudah itu, kita perlu belajar dan memulainya dari bawah hingga nantinya banyak pembeli dan semakin memperbesar bisnis yang kita jalankan.

  1.  Basreng

Bakso goreng atau yang lebih dikenal dengan basreng ini merupakan salah satu cemilan yang terbuat dari bahan dasar bakso yang kemudian digoreng.  Mungkin terdengar rumit, namun sebenarnya tidak karena basreng ini proses membuatnya hanya tinggal di goreing lalu siap disajikan kepada pembeli, tidak memerlukan sambal, kuah.  Cemilan ini harganya juga murah, sehingga banyak peminatnya. Sekarang penjual basreng sering berinovasi dengan memberikan bumbu siap saji berasa keju, sapi panggang, barbeque, balado dan manis untuk menambah rasa dan menambah kesedapan makanan.

  1.  Stik keju

Makanan ringan yang selanjutnya adalah stik keju, ini tidak hanya mengenyangkan sebagai cemilan namun juga menyehatkan.  Kenapa menyehatkan, karena stik keju ini mengandung vitamin A, C, D, E, K, B1, B6, B12, kalium, seng, zat besi, natrium dan kalsium.  Untuk cara pembuatannya pun terbilang cukup mudah yaitu dengan mencampurkan adonan sampai rata. Adonan terdiri dari keju parut, garam, sagu, mentega dan juga telur, setelah adonan tercampur, kemudian bentuk menjadi stik dan di goreng ke dalam minyak panas.  Mudah bukan.

  1. Tahu Krispi

Sebagai salah satu makanan pokok masyarakat kita, tahu juga bisa menjadi makanan ringan.  Makanan satu ini sangat mudah diolah nya, juga banyak peminatnya. Sudah ada beberapa UMKM juga yang telah membuat tahu krispi dan laku keras di pasaran.  Tentu saja karena tahu adalah salah satu makanan favorit masyarakat kita. Tentunya olahan ini bisa menjadi salah satu makanan ringan yang digemari orang banyak.

  1. Kerupuk Seblak

Jika biasa seblak yang dijual terbuat dari kerupuk yang telah direndam, beda halnya dengan kerupuk seblak.  Walaupun rasa yang ditawarkan sama namun kerupuk seblak ini tidak direndam, tapi langsung di goreng. Peluang bisnis ini cukup besar karena mengingat masyarakat Indonesia yang gemar makanan pedas.  Inovasi yang bisa dilakukan dengan kerupuk seblak ini adalah dengan rasa dan tingkat kepedasan.

  1. Makaroni

Macaroni merupakan salah satu jenis pasta yang berasal dari Italia.  Makanan ringan dengan bahan utama makaroni ini cukup banyak peminatnya di Indonesia.  Macaroni ini digoreng dan dijajakan dengan berbagai bumbu bubuk seperti rasa original, pedas, asin, dan lainnya.  Makanan ini terbuat dari gandum dengan kadar protein rendah, untuk harga jualnya tergolong murah.

  1. Menjual Gorengan

Salah satu makanan kesukaan masyarakat Indonesia adalah gorengan.  Dengan menjual gorengan saja Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah.  Karena modal untuk pangan ini kecil, namun bisa dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi dari modalnya.  Menu gorengan yang bisa di coba misalnya tahu bunting, tahu goreng, tempe goreng, dan aneka jenis gorengan lainnya.

  1. Aneka Olahan Roti

Selain untuk sarapan, roti dapat diolah lagi menjadi makanan ringan yang cocok menemani di saat santai, Anda bisa mengolah roti dengan kreatifitas Anda menjadi makanan ringan yang lezat seperti roti bakar, roti sandwich, roti coklat, roti keju dan lain-lain.  Sudah bisa di lihat juga di cafe-cafe mulai banyak dijumpai makanan ringan berbahan dasar roti sebagai menu sampingan.

  1. Aneka Olahan Buah

Begitu banyak variasi buah yang ada, bisa dikreasikan menjadi makanan ringan yang sedap.  Salah satunya adalah rujak, jus buah, salad ataupun manisan buah. Selain enak, buah juga menyehatkan.  Cara pengolahannya juga tidak rumit. Dikarenakan banyaknya kesibukan orang terkadang menjadi lupa untuk membeli, atau bahkan tidak sempat jika harus mengolah buah.  Jadi sangat praktis jika ada yang menjual buah dalam berbagai hidangan. Tentunya ini menjadi peluang bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.